ILUSTRASI Vaksin Moderna.
ILUSTRASI Vaksin Moderna. ( Joseph Prezioso / AFP | Freepik )

1.141 Nakes Yang Sudah Mendapat Booster di Kota Pangkalpinang

2 Oktober 2021 12:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang telah memastikan ada sebanyak 1.141 orang dari total 2.500 tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah mendapat penyuntikan vaksinasi ketiga atau booster. Namun, jumlah ini dinilai masih terbilang rendah.

Kepala Dinkes Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim menyebutkan penyuntikan booster untuk Nakes memang tidak bisa diberikan secara sekaligus. Sebab diakuinya, booster yang menggunakan jenis Moderna menimbulkan gejala.

"Kalau sampai saat ini booster untuk Nakes kita memang masih rendah, tapi sudah cukup lumayan sudah 50 persen dari target jumlah Nakes yang ada. Karena booster ini bergejala kita tidak bisa sekaligus penyuntikan, ada yang masih menjadi kader Covid-19, jadi bertahap," kata Hakim, Jumat (1/10).

Sementara itu diakui Hakim, masih ada Nakes yang menunggu tiga bulan setelah terpapar Covid-19. "Ada juga beberapa Nakes yang ikut booster di rumah sakit Bhayangkara sehingga terhitung capaian vaksinasi untuk Bangka Tengah," ucapnya.

Menurutnya, stok vaksin Moderna untuk Nakes masih tersedia dan tidak ada permasalahan stok.

Hanya saja diakuinya, memang vaksinasi tidak dapat dilaksanakan sekaligus.

"Pemberian booster ini didasarkan atas tingginya risiko yang dihadapi para Nakes saat gelombang infeksi virus corona apalagi varian delta. Efektivitas vaksin Moderna memang lebih tinggi dari pada vaksin Sinovac yakni 94,1 persen," lanjutnya.

Tetapi memang menurut Hakim, kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI), paling banyak dirasakan oleh penerima vaksin Moderna.

"Misalnya sakit kepala, mual, muntah, mialgia, artralgia dan kekakuan. Nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, kedinginan, dan demam umumnya seperti sakit. Kalau berdasarkan penelitian memang berpotensi 10 persen ada KIPI, tapi ringan tidak berat, umumnya lebih tinggi pada penyuntikan dosis kedua,"ucapnya.

Hakim menambahkan juga hingga kini Lansia masih menjadi sasaran utama vaksinasi.


"Rata-rata kasus meninggal kita kemarin memang Lansia dan memiliki penyakit bawaan terus memang kebanyakan belum ikut vaksin. Makanya sasaran utama kita tetap Lansia," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Baru 1.141 Tenaga Kesehatan Dapat Booster di Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/02/baru-1141-tenaga-kesehatan-dapat-booster-di-pangkalpinang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm