Presiden Joko Widodo mengangkat tangannya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Resmi dibuka oleh Presiden Jokowi, PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.
Presiden Joko Widodo mengangkat tangannya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Resmi dibuka oleh Presiden Jokowi, PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. ( (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI))

Jokowi Resmikan PON XX Papua, Hingga Sebut Bangga Berada di Stadion Terbaik di Asia Pasifik

2 Oktober 2021 20:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo bangga dengan dibukanya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021) ini. Lantaran, menurut Kepala Negara, PON kali ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Papua.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama kita bangga berada di Tanah Papua,"ucap Jokowi saat meresmikan pembukaan PON XX di Papua, dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

"Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini, kita bangga membuka PON ke XX. PON yang pertama kali yang diselenggarakan di Tanah Papua," kata dia.
Jokowi menyebutkan, tempat penyelenggaran PON yang diberi nama Stadion Lukas Enembe ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Ia pun menuturkan, konektivitas laut, darat, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas serta pengembangan sumber daya manusia juga merupakan capaian lain dari kemajuan Papua.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengatakan, PON ini menggambarkan kemajuan, menunjukkan kesiapan infraturktur dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.


Serta, PON ini juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi panggung persatuan panggung kebersamaan.

"Panggung persaudaraan, PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama sejahtera bersama dalam bingkar negara kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

Sebagaimana diketahui, bahwa PON XX digelar pada 2-15 September 2021. Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi oleh tim pelatih berjumlah 3.000 orang.

Adapun tempat utama penyelenggaraan PON ada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas hingga 40.000 penonton.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmikan PON XX, Jokowi: Kita Bangga Berada di Stadion Terbaik di Asia Pasifik", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/10/02/19040341/resmikan-pon-xx-jokowi-kita-bangga-berada-di-stadion-terbaik-di-asia-pasifik.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm