Sogan Batik
Sogan Batik ( Sogan batik)

Inilah Sogan Batik, Terinspirasi dari Kekuatan Terpendam Perempuan

3 Oktober 2021 08:20 WIB

SonoraBangka.id - Kita telah mengenal batik sebagai warisan budaya yang juga telah ditetapkan oleh UNESCO.

Batik, kain yang dilukis dengan cairan lilin menggunakan alat bernama canting dan menghasilkan pola tertentu.

Kata Batik sendiri dirangkai dari kata amba yang berarti kain yang lebar dan tik berasal dari kata titik.

Jika digabungkan, batik berarti titik-titik yang digambarkan pada media kain yang lebar dan menghasilkan pola-pola indah.

Perkembangan batik sudah ada sejak zaman Majapahit, lalu menyebar pesat di daerah Solo dan Yogyakarta.

Dapat kita lihat di dalam lingkungan keraton, batik menjadi bagian dari kelengkapan busana, baik itu untuk keseharian maupun upacara adat.

Pada awalnya batik hanya digunakan di lingkungan keraton saja, kini seiring berkembangnya zaman sudah banyak pengrajin batik dari luar keraton.

Tidak terkecuali, di daerah Rejodani Sleman Yogyakarta juga melakukan kegiatan membatik dan memproduksi pakaian batik melalui Sogan Batik Rejodani.

Sogan Batik Rejodani yang berdiri sejak tahun 2002 ini terus mengembangkan inovasi dalam segi desain maupun motif batik.

Selain itu yang menjadikan ciri khas dari Sogan Batik yaitu adanya cerita di balik setiap desain baju dan motif batiknya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm