Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP di SMPN 2 Kota Pangkalpinang
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP di SMPN 2 Kota Pangkalpinang ( Ist/Eddy )

Mulai Hari Ini SMP di Kota Pangkalpinang Ikut Asesmen Nasional, PTM Tetap Berjalan

4 Oktober 2021 16:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP dimulai pada hari ini diikuti sejumlah SMP di Kota Pangkalpinang. ANBK diikuti  kelas 8 dan digelar 4 - 7 Oktober 2021 nanti.

Walau ANBK dilaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Pangkalpinang tetap dilanjutkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, ada kurang lebih 50 orang dan 5 cadangan siswa-siswi yang mengikuti ANBK disetiap sekolah.

Eddy mengatakan, Assessment Nasional  berbasis komputer yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) ini hanya bertujuan agar meningkatkan mutu pendidikan dan sekaligus mengevaluasi pengelolahan sekolah di masing-masing daerah bukan suatu penilaian yang khusus.

"Ini hanya mengukur instrumen standar-standar yang ada di sekolah itu, pertama standar proses, karakter, kemudian literasi numerasi. Jadi ini bukan dijadikan hal yang mengganggu ya, ini hanya untuk mengukur, mengevaluasi sekokah itu saja kemampuan atau kecakapannya bagus atau tidak," ucap Eddy kepada Bangkapos.com, Senin (4/10/2021).

Eddy juga menyebutkan, pelaksanaan asesmen juga sama sekaki tidak ada pengaruhnya pada kenaikan kelas atau kelulusan peserta didik.

"ANBK ini juga sekaligus digunakan sebagai pemetaan mutu pendidikan di masing-masing sekolah. Materi ANBK yakni literasi, survei lingkungan, dan karakter. Nanti guru dan kepala sekolah juga ikut mengisi kuisioner. Dimana datanya dipadukan dengan jawaban siswa," ujar Eddy.

Menurut Eddy, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP ini diikuti kelas 8 saja dan digelar 4 - 7 Oktober 2021.

Dengan dibagi dua sesi pelaksanaan pagi dan siang, tidak digelar sekaligus.

"Sistemnya hampir mirip dengan UN (Ujian nasional) dulu. Jadi, mereka akan mengerjakan soal langsung di komputer untuk mengukur kompetensi dan numerasi siswa," kata Eddy.

Tidak hanya itu, Eddy pun mengatakan pelaksanaan ANBK hari ini tetap menomor satukan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Karena kita berharap nantinya siswa yang mengikuti ANBK benar-benar sehat. Inilah bentuk kehati-hatian kami di masa pandemi ini," tambahnya

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul SMP di Kota Pangkalpinang Mulai Hari Ini Ikut Asesmen Nasional, Sekolah Tatap Muka Tetap Berjalan, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/04/smp-di-kota-pangkalpinang-mulai-hari-ini-ikut-asesmen-nasional-sekolah-tatap-muka-tetap-berjalan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm