SPBU Pertamina menerapkan prosedur pemasangan safety cone di depan mobil saat mengisi BBM.(GRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO)
SPBU Pertamina menerapkan prosedur pemasangan safety cone di depan mobil saat mengisi BBM.(GRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO) ( kompas.com)

Ini Alasan Untuk Harus Matikan Mesin Kendaraan Saat Isi Bensin

8 Oktober 2021 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada saat mengisi bahan bakar di SPBU, tidak sedikit pengguna kendaraan yang tidak mematikan mesin. Padahal himbauan ini sudah dipasang di setiap SPBU.

Bukan tanpa sebab, untuk keamanan dan keselamatan bersama, setiap pengunjung SPBU wajib mematuhi aturan yang berlaku. Termasuk mematikan mesin saat mengisi BBM.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, saat mesin menyala artinya semua sistem kelistrikan aktif. Hal ini dapat memicu terjadinya listrik statis, yang memunculkan percikan api.

“Kondisi ini bisa saja memicu kebakaran, untuk alasan safety mesin memang harus dimatikan,” ujar Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Didi, beberapa hal yang dapat memicu kebakaran pada saat pengisisan bahan bakar bisa berasal darimana saja. Untuk itu himbauan mematikan mesin pada saat isi bensin dipasang di SPBU.

“Terjadinya listrik statis bisa dari mana saja, ditambah dengan adanya kebocoran kabel, atau bunga api dari knalpot, itu semua bisa memicu kebakaran,” katanya.

Walau begitu, pabrikan sebetulnya sudah merancang desain mobil agar lebih aman, terutama saat dipakai mengisi BBM di SPBU.

Misal letak tutup tangki bensin, pasti posisinya berlawanan dengan letak knalpot. Begitu juga dengan letak mesin yang berjauhan dengna ujung knalpot, jadi salah satu cara untuk mengurangi risiko kebakaran.

“Namun untuk alasan safety, kita harus patuhi aturan tersebut. Jangan egois sendiri biar kabin tetap dingin,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Alasan Harus Matikan Mesin Kendaraan Saat Isi Bensin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/08/101200615/ini-alasan-harus-matikan-mesin-kendaraan-saat-isi-bensin.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm