Ilustrasi ganti oli mobil di CARFix.(carfix)
Ilustrasi ganti oli mobil di CARFix.(carfix) ( kompas.com)

Berikut Ini Cara Membedakan Oli Mesin Mobil Diesel dan Bensin

11 Oktober 2021 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli atau pelumas mesin merupakan salah satu komponen penting untuk melindungi mesin dari gesekan dan meminimalisir overheat pada mesin mobil.

Pemilihan oli yang benar dan sesuai spesifikasi yang dianjurkan akan membuat daya tahan dan kinerja mesin mobil menjadi optimal. Dengan demikian, pemilik kendaraan akan lebih merasa nyaman saat mengemudikannya.

Bila sembarangan menggunakan jenis pelumas bukan tidak mungkin akan bisa merusak komponen kendaraan karena tidak sesuai dengan karakter mesin.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, oli mesin tidak bisa sembarangan digunakan untuk setiap jenis kendaraan terlebih yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

“Oli mesin bensin digunakan untuk mesin diesel ya tidak cocok, mesin akan kasar atau berat saat dikendarai,” katanya Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Sedangkan untuk membedakan jenis oli yang digunakan oleh mesin diesel dan mesin bensin, Didi mengatakan hal itu dapat dilihat melalui keterangan yang ada pada kemasannya.

Pada kemasan pelumas akan ada keterangan yang ditandai dengan huruf awal pada tipe oli tersebut. Pelumas untuk mobil bensin ditandai dengan kode huruf S (service) atau spark plug ignition. Tanda ini berarti bahwa oli tersebut digunakan untuk mesin yang menggunakan busi atau bensin.

“Untuk mobil bensin harus menggunakan oli dengan kode huruf awalan S. Misalkan API SA, SB, SC dan seterusnya. Semakin tinggi abjadnya setelah huruf S akan semakin bagus, contohnya SF,” kata dia.

Sedangkan untuk mobil dengan mesin diesel biasanya menggunakan oli mesin dengat kode huruf C atau (Commercial).

“Untuk mesin diesel menggunakan olinya berbeda dengan mesin bensin, kodenya C. Misalkan API CA, CD dan seterusnya,” ucapnya.

Tapi ada juga pelumas mesin yang dapat digunakan untuk kedua jenis mesin. Pelumas yang dapat digunakan untuk kedua jenis mesin biasanya disebut dengan double grade.

Pelumas yang masuk double grade akan menggunakan dua kode, yakni API SN/CF. Kode tersebut menunjukkan jika oli bisa digunakan untuk mesin bensin maupun mobil diesel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Membedakan Oli Mesin Mobil Diesel dan Bensin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/151200215/begini-cara-membedakan-oli-mesin-mobil-diesel-dan-bensin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm