Simulasi sekolah belajar tatap muka
Simulasi sekolah belajar tatap muka ( KOMPAS.com/CYNTHIA)

Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Tak Ada Kendala, Kadindik Bertahap Akan Tambah Rasio Kelas

16 Oktober 2021 14:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi mengatakan, hingga saat ini hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah di Pangkalpinang tidak ada masalah.

Bahkan Eddy menuturkan, para orangtua juga meminta agar pembelajaran di sekolah tidak kembali diberhentikan lagi.

Menurutnya, melihat perkembangan PTM hingga  kini terus berjalan baik, piahknya akan berencana menambah rasio perkelasnya.

"Kalau sekarang semua kelas sudah tatap muka dan tidak ada masalah alhamdulillahnya. Paling nanti evaluasinya kita ingin menambah rasio kelasnya saja yang saat ini 30 persen menjadi 50 persen,"ujar Eddy kepada Bangkapos.com, Sabtu (16/10/2021).

Dia juga menuturkan, hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan dilakukan bertahap dan tetap dalam pengawasan.

"Sekarang kursi meja kita batasi, anak-anak juga menggunakan masker, dan kita pikir tidak masalah kalau kita lakukan bertahap 30 persen naik jadi 40 dulu, terus jadi 50 seperti itu. Jam masuknya juga kita batasi lagi, ini ikhtiar kita untuk dunia pendidikan," tambahnya.

Eddy menyebutkan, dalam pelaksanaan PTM, satuan pendidikan sudah memastikan dan memperbaharui kesiapan sarana dan prasarana, tim gugus covid sekolah, serta berkoordinasi dengan komite sekolah serta orangtua peserta didik terkait dengan kesediaan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas (dengan surat pernyataan).

Sementara bagi orangtua yang berkeberatan mengikuti PTM bisa diberikan pembelajaran secara daring.

"Jadi pembalajaran tetap kita kombinasikan bukan sudah belajar di sekolah tidak kagi daring, pembelajaran online daring tetap berlanjut tugas-tugas masih diberikan untuk pengayaan, pembentukan karakter dan lainnya itu di sekolah karena daring suatu keniscayaan," terangnya.

Eddy menambahkan, pembelajaran tatap muka terbatas yang dilaksanakan tak mengejar target ketercapaian kurikulum, tetapi mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik.

Menurutnya, pembangunan pendidikan atau investasi pendidikan  kini adalah hal yang sangat penting di lakukan sebab akan berdampak pada pembangunan masa depan.

"Pembangunan pendidikan itu tidak akan kelihatan sekarang tapi nanti 17 tahun kedepan, makanya saat ini harus kita cari ikhtiar dan upayanya seperti apa, kita tidak bisa berdiam diri saja seperti ini, makanya terus kita berupaya melakukan ini bertahap tidak bisa di rumahkan terus anak-anak kita,"ujarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Tak Ada Masalah, Kadindik Bertahap Ingin Tambah Rasio Kelas  , https://bangka.tribunnews.com/2021/10/16/evaluasi-pembelajaran-tatap-muka-tak-ada-masalah-kadindik-bertahap-ingin-tambah-rasio-kelas.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm