Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).(JEREMY BROWN/DEUS IMAGES/AFP PHOTO)
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).(JEREMY BROWN/DEUS IMAGES/AFP PHOTO) ( kompas.com)

IMI Siapkan 600 Marshal Untuk Sirkuit Mandalika, Bersertifikat Internasional

21 Oktober 2021 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada ajang balap motor atau mobil, salah satu petugas yang mempunyai fungsi tak kalah penting adalah marshal. Petugas ini yang pertama kali akan hadir di sirkuit kalau terjadi sesuatu saat balapan.

Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, dalam waktu dekat ini akan menjadi tuan rumah dari ajang balap internasional, yakni Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Superbike (WorldSBK), dan MotoGP.

Tapi, belum ada marshal lokal yang pernah bertugas untuk ajang balap internasional. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari pengetahuan sampai pengalaman.

Untuk memastikan marshal siap bertugas dalam IATC, WorldSBK, dan MotoGP, Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun bertanggung jawab penuh. IMI sudah melakukan seleksi dan menggelar pelatihan serta pendidikan.

"Marshal itu ada 600 orang yang dididik, tapi memang tidak kita ambil semuanya. IMI yang mendidiknya. Jadi, melalui IMI dengan pemuda-pemuda setempat," ujar Happy K. Harinto, Chief Strategic & Communications Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), di Jakarta, belum lama ini.

Happy menambahkan, pendidikan untuk ratusan marshal tersebut dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai dari pagi sampai sore.

"Dyan Dilato yang memberikan pendidikan. Nantinya, memang marshal ini akan mendapatkan sertifikasi. Selain dari FIM, juga dapat sertifikasi dari IMI. Sehingga, potensi anak-anak muda di sekitar Mandalika bisa terangkat," kata Happy.

Sertifikat yang didapat para marshal tersebut juga tidak sembarangan. Happy mengatakan, para marshal ini dapat melakukan tugas juga di sirkuit internasional lainnya bila dibutuhkan.

"Kapan pun mereka bisa membantu sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia ketika event-event FIM berlangsung," ujar Happy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IMI Siapkan 600 Marshal Sirkuit Mandalika, Bersertifikat Internasional", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/21/140100115/imi-siapkan-600-marshal-sirkuit-mandalika-bersertifikat-internasional.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm