Presiden Jokowi membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan digelar 31 Oktober hingga 30 November 2020. (DOK. KEMENDIKBUD)
Presiden Jokowi membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan digelar 31 Oktober hingga 30 November 2020. (DOK. KEMENDIKBUD) ( kompas.com)

Pameran GIIAS 2021 Dijadwalkan Akan Dibuka Jokowi, Anak-anak Tidak Bisa Masuk

21 Oktober 2021 22:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk bisa membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan dihelat pada 11-21 November 2021 di Indonesia Convention Center, BSD, Tangerang.

Masalahnya, gelaran tahunan tersebut akan menjadi tolak ukur alias barometer untuk perhelatan serupa yang mengundang masyarakat secara langsung setelah terdapat pandemi Covid-19.

"GIIAS menjadi pameran satu-satunya yang mendapat dukungan untuk bisa diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. Kami juga sudah meminta Presiden Jokowi secara pribadi untuk mendukung dan membuka pameran," ucap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam konferensi pers, Kamis (21/10/2021).

Dukungan lainnya, lanjut Nangoi, juga datang dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tapi, sesuai protokol yang ada, GIIAS 2021 akan berlangsung berbeda dari sebelumnya karena ada penyesuaian. Satu di antaranya mengenai batas usia peserta atau pengunjung, yakni di atas 12 tahun.

Alasan kuat ialah karena golongan masyarakat terkait belum dilakukan vaksin sebanyak dua kali sehingga belum terdata di aplikasi PeduliLindungi. Sebagai informasi, aplikasi resmi pemerintah tersebut merupakan syarat wajib masuk pameran.

"Benar, dengan kata lain anak-anak tidak bisa masuk. Cukup berbeda dan ini terpaksa kami lakukan mengingat aturan dari pemerintah demikian," ucap Presiden Direktur Seven Events selaku penyelenggara, Romi.

"Sehingga, fasilitas anak-anak terpaksa kami alihkan ke lainnya seperti play ground. Jadi nanti orang dewasa saja yang bisa masuk," lanjut dia.

Walau begitu, ia yakin bahwa penyesuaian terkait tidak mengurangi esensi keberlangsungan GIIAS 2021 sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia yang sarat akan teknologi terbaru dan sarana edukasi.

Sementara syarat masuk pameran lainnya ialah, dalam kondisi sehat, memakai masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan membeli tiket secara online.

Tiket masuk GIIAS 2021 pun akan hanya tersedia di aplikasi GIIAS Auto360 dengan kehadiran pengunjung dibagi dalam tiga sesi setiap harinya. Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kerumunan pada di area pameran.

"Test drive dan test ride juga harus daftar secara online sehingga tidak terjadi kerumunan di area tersebut," kata dia lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pameran GIIAS 2021 Akan Dibuka Jokowi, Anak-anak Tidak Bisa Masuk", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/21/162100915/pameran-giias-2021-akan-dibuka-jokowi-anak-anak-tidak-bisa-masuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm