ilustrasi parkir mobil pararel (https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/)
ilustrasi parkir mobil pararel (https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/) ( kompas.com)

Parkir Mundur Menggunakan Mobil Matik, Pengemudi Harus Lebih Waspada

23 Oktober 2021 17:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk sebagian orang, parkir mobil dalam keadaan mundur apalagi dengan yang sempit merupakan kesulitan tersendiri.

Pada saat melakukan parkir dalam keadaan mundur, bukan hanya skill yang perlu diperhatikan oleh pengemudi. Melainkan kewaspadaan terhadap lingkungan mengemudi juga harus diperhatikan, terlebih lagi bagi pengguna mobil matik.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, untuk parkir dalam keadaan mundur, pengemudi harus tetap waspada. Apalagi bila menggunakan mobil dengan transmisi matik.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata marcell kepad Kompas.com beberapa waktu lalu.

Marcell menyarankan, pada saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem untuk mengantisipasi salah injak pedal oleh pengemudi.

Kalaupun pengemudi membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Pada saat akan parkir mundur, pengemudi harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir. Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan ataupun yang akan mengganggu pada saat kendaraan mundur.

Pastikan juga tidak hanya mengandalkan spion mobil pada saat mundur. Karena pandangan di spion mobil tidak menyeluruh, ada blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Pengemudi dapat melakukan observasi terlebih dahulu terhadap lingkungan parkir. Pastikan tidak ada obstacle atau rintangan pada saat akan parkir di lokasi tersebut.

Pengemudi juga dapat menggunakan teknologi yang ada di kendaraan seperti sensor parkir dan kamera mundur. Sehingga bisa terlihat atau terdeteksi apa saja yang ada di belakang mobil. Dengan begitu, maka mobil akan aman dan dipastikan tidak menabrak sesuatu.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

Marcell menambahkan, dalam melakukan aktivitas parkir, pengemudi diharap selalu waspada dengan lingkungan sekitarnya. Karena banyak kejadian kecelakaan dalam kecepatan rendah terjadi pada saat pengemudi sedang parkir. Maka dari itu kewaspadaan pengemudi sangat diperlukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Parkir Mundur Pakai Mobil Matik, Pengemudi Harus Lebih Waspada", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/23/110200615/parkir-mundur-pakai-mobil-matik-pengemudi-harus-lebih-waspada.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm