Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021.(ANDREAS SOLARO)
Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021.(ANDREAS SOLARO) ( kompas.com)

Meraih Juara Dunia MotoGP, Quartararo Tolak Pakai Nomor Start 1

28 Oktober 2021 17:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Fabio Quartararo sudah resmi meraih gelar juara dunia MotoGP 2021. Untuk para juara, berhak menggunakan nomor start 1 di musim berikutnya.

Walau demikian, Quartararo menolak hak spesial tersebut. Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP ini ingin tetap menggunakan nomor start yang sekarang, yakni nomor 20.

"Tidak, itu tidak sepadan. Saya benar-benar ingin ini menjadi sesuatu yang sederhana. Hari ini, saya jauh dari nomor 1. Ada banyak orang. 20 adalah nomor yang gunakan sejak awal dan sampai akhir karir saya," kata Quartararo, kepada Canal +, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/10/2021).

Quartararo mengatakan, di masa depan pun dia sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk menggunakan nomor start 1. Bukan hanya Quartararo, tapi ada juga beberapa pebalap lain yang menolaknya.

"Bagi saya, contohnya adalah Valentino Rossi. Dia sudah menang sembilan kali dan dia tidak pernah memilih nomor 1. Menurut saya, ini fantastis untuk publik, karena sudah beberapa tahun sejak ada pebalap yang menggunakannya," kata Quartararo.

Terakhir kali ada pebalap MotoGP yang menggunakan nomor start 1 adalah Casey Stoner pada 2012 lalu. Marc Marquez dan Joan Mir yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP juga menolak menggunakan nomor 1.

Ada mitos yang beredar bahwa pebalap yang menggunakan nomor start 1, maka tidak akan bisa mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Hingga saat ini, mitos tersebut masih terbukti benar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Juara Dunia MotoGP, Quartararo Tolak Pakai Nomor Start 1", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/28/084200615/jadi-juara-dunia-motogp-quartararo-tolak-pakai-nomor-start-1.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm