Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(LLUIS GENE)
Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(LLUIS GENE) ( kompas.com)

Rossi Bocorkan Mengenai 2 Masalah Utama Yang Dihadapai Motor Yamaha M1

31 Oktober 2021 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jelang pensiun Valentino Rossi mulai buka suara soal kondisi motor Yamaha M1 beberapa tahun terakhir yang menurutnya kesulitan menyamai pabrikan lain.

Ada dua alasan utama yaitu ban dan elektronik. Sebelum memakai Michelin MotoGP memakai ban Bridgestone. Kemudian lainnya yaitu kontrol unit elektornik dari Magneti Marelli.

Sejak 2016 MotoGP mengadopsi ECU standar untuk semua motor. Yamaha seperti pabrikan lain, sebelumnya memakai unit kontrol produksinya sendiri.

Perubahan itu menyebabkan beberapa masalah yang membuat performa M1 sedikit berkurang, di satu sisi Yamaha tidak langsung beradaptasi dengan hal baru, butuh waktu.

Pebalap Italia itu menegaskan bahwa Yamaha lebih kuat sebelum perubahan ECU.

"Selama kami menggunakan elektronik Yamaha M1 adalah proyek yang sangat Jepang, semua insinyurnya adalah orang Jepang," kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Sabtu (30/10/2021).

"Kami mengalami masalah dalam menggunakan unit kontrol Magneti Marelli secara maksimal. Motor mengambil langkah mundur yang besar ketika kami harus menggunakannya," ungkapnya.

Rossi menambahkan, salah satu faktornya ialah karena Yamaha tidak mempekerjakan personel Italia dari Magneti Marelli, tidak seperti Ducati dan Honda.

"Semua pabrikan lain memiliki pendekatan yang lebih mirip dengan Formula 1. Ya, mereka terbuka dan memiliki mempekerjakan banyak insinyur Italia. Di Yamaha, orang-orangnya kurang lebih sama," katanya.

Juara dunia sembilan kali itu percaya bahwa elektronik adalah masalah yang dihadapi M1 dalam menghadapi trek dengan kondisi campuran basah dan kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/31/084100315/rossi-bocorkan-2-masalah-utama-motor-yamaha-m1.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm