Ganti oli motor(Shutterstock)
Ganti oli motor(Shutterstock) ( kompas.com)

Penggunaan Oli Mesin Motor Tidak Sesuai Spesifikasi, Ini Efeknya

31 Oktober 2021 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Pelumas atau oli merupakan salah satu bagian penting yang diperlukan oleh mesin kendaraan bermotor. Beredar banyak di pasaran bermacam jenis dan merek pelumas untuk mobil atau sepeda motor.

Untuk saat ini ada dua jenis pelumas yang dijual di pasaran, ada oli mesin untuk motor matik dan oli mesin untuk motor manual. Keduanya dibedakan dengan kode JASO yang tertera pada kemasan pelumas.

Lantas, bagaimana bila oli motor manual dipakai oleh sepeda motor matik?

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno penggantian oli mesin lebih baik sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

Motor matik menggunakan pelumas untuk motor matik sedangkan motor manual menggunakan pelumas motor manual.

"Alangkah baiknya pengantian oli sesuai dengan spesifikasinya, contoh motor matik menggunakan pelumas dengan SAE 10W30 JASO MB, dan untuk motor manual dan sport menggunakan pelumas dengan SAE 10W30 JASO MA,' kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

JASO atau Japan Automobile Standard Organization merupakan lembaga di Jepang yang melakukan uji dan cek kualitas pelumas mesin kendaraan.

Kode JASO MA digunakan untuk motor dengan kopling basah sedangkan JASO MB digunakan untuk sepeda motor dengan kopling kering seperti skutik.

Endro menjelaskan kesalahan penggunaan oli mesin akan mengakibatkan beberapa hal, dari yang ringan dan bisa sampai merusak mesin.

Berikut adalah efek yang akan terjadi bila salah menggunakan oli mesin sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasinya.

Pertama, performa mesin akan menurun, hal ini terjadi karena pelumasan pada bagian dalam mesin tidak optimal sehingga kinerja mesin juga tidak maksimal.

Kedua, konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Karena kerja mesin tidakl optimal, tentu saja mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Konsumsi bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak dan membuat mesin juga akan lebih cepat panas.

Ketiga, dapat merusak bagian dalam mesin, pelumasan yang tidak optimal akan membuat gesekan di mesin terjadi secara langsung. Hal ini dapat merusak komponen mesin lebih cepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Oli Mesin Motor Tidak Sesuai Spesifikasi, Ini Efeknya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/31/160435115/oli-mesin-motor-tidak-sesuai-spesifikasi-ini-efeknya?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm