Sekretaris, Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat Live Streaming Bangka Pos.
Sekretaris, Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat Live Streaming Bangka Pos. ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Kasus Covid-19 di Babel Menurun, Hasil Asesmen Kemenkes Provinsi Bangka Belitung Kini Masuk Level 2

1 November 2021 14:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini jumlah kasus hingga penanganan Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung, semakin membaik, itu terlihat dari asesmen situasi Covid-19 yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Asesmen Kementerian Kesehatan terhadap Bangka Belitung yang menyatakan saat ini Bangka Belitung masuk dalam level 2.

Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19, Bangka Belitung, Mikron Antariksa, menyebutkan, analisis tersebut  dilakukan 1 Minggu sebelum pengumuman PPKM dari Kemendagri yang berupa Inmendagri.

"Akumulasi mingguan dan bulanan kasus terkonfirmasi di Bangka Belitung, pada prinsipnya sudah mengalami penurunan. Hal ini sebagai akibat dari kebijakan semua kepala daerah untuk dapat mengisolasi seluruh pasien yang terkonfirmasi positif ke dalam isolasi terpadu," ungkap Mikron, kepada Bangkapos.com, Senin (1/10/2021).

Sementara itu, kata Mikron penyebab lainya menurunnya kasus Covid-19 di Bangka Belitungkarena meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 serta protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Walaupun kita level 2, dengan kasus yang landai tetap kita terus melakukan upaya tracking. Karena ada sejumlah daerah levelnya ada 3 masuk dalam ukuran sedang dan perlukan dilakukan penanganan biar levelnya turun," ucap Mikron.

Dia menyampaikan analisa dan evaluasi  status asessment Kemenkes, yakni Provinsi Babel level 2, Kabupaten Belitung level 2, Beltim level 2, Bangka level 3, Pangkalpinang level 3, Bangka Tengah level 3, Basel level 3 dan Babar level 2.

"Kita juga dalam satu minggu ini untuk  kabupaten/kota dapat meningakatkan tracing, vaksinasi untuk lansia, menurunkan rawat inap, menurunkan kasus kematian dan mempertahankan prokes di masyarakat agar tetap disiplin,"ujar Mikron.

Selain itu dia juga menambahkan, untuk monitoring kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan 25 sampai 31 Oktober 2021.

"Untuk tingkat kepatuhan penerapan protokol kesehatan di Provinsi Bangka Belitung dari 1.218 titik yang dipantau, angka kepatuhan memakai masker, 85,10 persen meningkat dibanding pekan sebelumnya, dari 93,19 persen dari rata-rata nasional," jelas Mikron.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kasus Covid-19 Menurun, Hasil Asesmen Kemenkes Provinsi Bangka Belitung Masuk Level 2, https://bangka.tribunnews.com/2021/11/01/kasus-covid-19-menurun-hasil-asesmen-kemenkes-provinsi-bangka-belitung-masuk-level-2.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm