Banjir di sejumlah titik di Kota Sungailiat, Bangka, Senin (1/10/2021)
Banjir di sejumlah titik di Kota Sungailiat, Bangka, Senin (1/10/2021) ( (Ist/Dok. Warga Sekitar) )

Sungailiat Dikepung Banjir, Karena Curah Hujan Tinggi, Warga Siaga

1 November 2021 16:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa lokasi di Kota Sungailiat, Bangka dikepung banjir lantaran curah hujan yang cukup tinggi sejak pukul 09.00 WIB, Senin (1/11/2021).

Sejumlah warga tampak sedang sibuk mengevakuasi perabotan rumah tangga miliknya agar tidak basah terkena air.

Genangan air setinggi lutut orang dewasa bahkan sudah memasuki beberapa pekarangan dan teras milik rumah warga.

Salah satu warga ialah Jumi (46) warga dari Kampunga Jawa, Sungailiat mengaku telah siaga sejak hujan pertama kali turun pagi tadi.

"Tadi pas hujan mulai turun kami sudah siaga. Ini pun air masih menggenang di halaman rumah kami.

Kalau hujannya enggak berhenti-berhenti, kemungkinan sampai sore nanti air akan terus masuk ke rumah kami," ujar Jumi. 

Diakuinya, daerah depan rumahnya memang  sudah menjadi langganan banjir akibat selokan/got yang tak mampu menampung debit air dalam jumlah yang besar.

"Kalau musim hujan sudah turun ya memang seperti ini, udah gak heran lagi. Cuma repotnya kami harus mengamakan beberapa barang yang harus diangkut untuk diselamatkan," ucapnya.

Selain itu, Kepala BPBD Kabupaten Bangka, M. Nursi menyebutkan banjir terjadi disejumlah titik di Kota Sungailiat, Bangka.

"Informasi yang kami dapat, banjir terjadi disejumlah titik seperti di dekat Gereja simpang sari ayu, Pasar Inpres, Kampung Jawa, Jalan Jendral Sudirman dan Komplek Pemda,"ucap Nursi saat dihubungi Bangkapos.com.

Walau demikian, terus melakukan patroli untuk mengecek kondisi banjir yang ada disejumlah lokasi tersebut serta membantu warga yang membutuhkan bantuan.

Hingga kini, hujan masih belum reda meskipun intensitasnya sudah cukup rendah.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Curah Hujan Tinggi, Sungailiat Dikepung Banjir, Warga Siaga Evakuasi Perabotan, https://bangka.tribunnews.com/2021/11/01/curah-hujan-tinggi-sungailiat-dikepung-banjir-warga-siaga-evakuasi-perabotan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm