Lemur spesies indri indri yang menurut peneliti punya "bakat" bernyanyi dengan ritme dan irama.
Lemur spesies indri indri yang menurut peneliti punya "bakat" bernyanyi dengan ritme dan irama. ( )

Peneliti Sebut Spesies Lemur asal Madagaskar Ini Punya “Bakat” Bernyanyi

2 November 2021 06:27 WIB

SonoraBangka.ID - Kalau lo udah nonton film animasi ‘Madagascar’, lo pasti familiar sama salah satu scene di mana King Julien, si raja lemur menyanyikan lagu ‘I Like to Move It Move It’ sembari berdansa dengan para pengikutnya.

Menariknya, di dunia nyata lemur ternyata diketahui memang punya “bakat” menyanyi yang lebih menonjol dibandingkan hewan lainnya. Sebab, para peneliti baru-baru ini mengungkap kemampuan dari spesies lemur yang bisa bernyanyi dengan irama atau ritme.

Spesies tersebut bernama indri indri, yaitu spesies lemur yang hidup di Madagaskar.

Melansir dari CNN, menurut studi yang terbit di Current Biology tahun 2021, indri indri adalah salah satu dari sedikit spesies hewan yang memiliki irama.

Peneliti dari department of life sciences and systems biology di University of Turin Italia, Chiara De Gregorio menjelaskan, indri indri adalah spesies lemur hidup terbesar dan satu-satunya yang bisa bernyanyi.

Fakta tersebut menjadikannya menarik untuk dipelajari, apakah hewan primata asal Madagaskar tersebut memang punya irama saat bernyanyi.

De Gregorio mendefinisikan irama sebagai pola durasi yang terdiri dari suara dan keheningan. Nyanyian indri indri di sini terdengar seperti nada melolong yang lebih rendah atau lebih tinggi yang menembus udara.

Para peneliti ingin melihat apakah lemur hitam putih memiliki ritme kategoris, yakni kemampuan untuk menciptakan berbagai jenis pola ritme.

Punya pola ritmenya sendiri

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm