Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com)
Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com) ( kompas.com)

Tips Simpel Jaga Kondisi Wiper Tetap Prima

5 November 2021 22:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Wiper merupakan kompenen penting pada mobil, terutama saat hujan. Fungsi wiper adalah menyapu air yang menepel ke kaca depan, sehingga pandangan pengemudi tetap jelas walaupun saat hujan.

Wiper terbuat dari karet di bagian bawahnya, sehingga memiliki usia pakai yang terbatas. Berikut ini satu tips simpel menjaga kondisi wiper tetap prima untuk digunakan ketika menerabas hujan.

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia mengatakan, merawat wiper cukup mudah dilakukan, bisa sambil mencuci mobil atau sekadar mengelap bodi.

“Kalau misalnya lagi cuci mobil, sekalian saja dilap wipernya, tapi jangan pakai sabun cuci mobil, cukup dengan air hangat,” ucap Kayla dalam acara Bosch Bengkel Talks, Kamis (4/11/2021).

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengangkat wiper arm. Kemudian siapkan juga lap basah, disarankan pakai air hangat. Selanjutnya, lap bagian karet agar bersih dari debu yang bisa mengganggu performa wiper.

“Itu sudah sangat cukup untuk menjaga performa wiper. Selain itu, jangan lupa juga lakukan penggantian wiper secara rutin satu tahun sekali,” kata Kayla.

Tapi bila dirasa sapuan wiper tidak maksimal walaupun wiper belum satu tahun digunakan, siap-siap juga untuk mencari wiper baru sebagai penggantinya. Bila wiper mengeluarkan suara, artinya karet sudah getas, harus diganti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpel Jaga Kondisi Wiper Tetap Prima", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/05/180100515/cara-simpel-jaga-kondisi-wiper-tetap-prima.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm