Ilustrasi rak buku.(SHUTTERSTOCK/UNDREY)
Ilustrasi rak buku.(SHUTTERSTOCK/UNDREY) ( kompas.com)

Apakah Tumpukan Koleksi Buku Tidak Bagus Berdasarkan Feng Shui?

7 November 2021 21:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit orang mengoleksi buku, bahkan dalam jumlah yang sangat banyak. Terkadang, kita membeli buku secara rutin atau dihadiahi buku, hingga cepat atau lambat, kita telah mengumpulkan banyak sekali buku.

Buku bisa jadi sulit untuk disingkirkan, karena kita cenderung punya harapan besar bahwa suatu hari nanti kita akan segera membacanya. Kita juga mungkin menyimpan buku-buku yang dulunya bermakna, walaupun buku-buku itu tidak lagi beresonansi dengan kita.

Ini bahkan bisa berarti bahwa kita menghindari membeli buku yang benar-benar ingin kita baca, karena kita merasa perlu membaca buku yang sudah kita miliki terlebih dahulu.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (7/11/2021), dalam feng shui, buku mewakili kebijaksanaan, pengetahuan, dan informasi. Ini juga berlaku untuk buku fiksi.

Ketika Anda menyimpan banyak buku lama, itu mungkin berarti Anda juga memegang cara berpikir lama. Ini dapat mencegah Anda melihat peluang baru dan memunculkan ide-ide baru.

Untuk mengundang inovasi dan cara berpikir baru ke dalam hidup, perlu ada ruang. Mulailah dengan membuat ruang di rak buku, kemudian perhatikan bagaimana hidup Anda mencerminkan hal ini.

Anda juga dapat melihat area bagua tempat tumpukan buku. Kalau ada kekacauan di area hubungan Anda, misalnya sudut paling kanan rumah atau kamar tidur ketika Anda berdiri di pintu masuk menghadap ke dalam, mungkin ada hambatan dalam hal percintaan, hubungan lain, atau mungkin hubungan dengan diri sendiri.

Apakah tumpukan buku tidak bagus menurut feng shui?

Ada kesalahpahaman bahwa merapikan barang sama dengan feng shui. Namun, ada lebih banyak hal dalam feng shui daripada menyingkirkan barang-barang.  

Ketika feng shui dikembangkan, kekacauan tidak terlalu menjadi masalah karena orang tidak memiliki barang sebanyak yang mereka miliki saat ini.

Ketika Anda mengumpulkan banyak kekacauan, itu juga dapat mulai mengumpulkan yin qi, yang terkait dengan kematian, dan menjadi sulit untuk dikelola. Yin qi tidak buruk, tetapi Anda perlu yin dan yang seimbang, tanpa terlalu banyak.

Apakah ada area rumah yang mengumpulkan debu dan serangga mati atau ada tempat di rumah yang belum Anda sentuh selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan? Ini mungkin tanda bahwa ada terlalu banyak yin qi.

Kekacauan juga dapat mencegah kita menikmati hal-hal yang kita miliki. Anda mungkin memiliki banyak lukisan yang indah, tetapi jika seluruh dinding ditutupi dengan lukisan-lukisan, hampir tidak mungkin untuk benar-benar menikmatinya satu per satu.

Daripada merasa perlu mengumpulkan benda-benda indah, cobalah untuk menghargainya pada saat itu, dan simpan beberapa saja di rumah yang benar-benar istimewa bagi Anda. Kemudian Anda dapat memberikan perhatian penuh dan menghargainya lebih dalam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Tumpukan Koleksi Buku Tidak Bagus Menurut Feng Shui?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/07/071900976/apakah-tumpukan-koleksi-buku-tidak-bagus-menurut-feng-shui-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm