Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist)

Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu Akan Dikembangkan Sebagai Pelabuhan Ekspor

8 November 2021 09:34 WIB

SonoraBangka.id - Bangka Belitung (Babel) akan memiliki pelabuhan ekspor untuk mengirimkan logistik ke negara lain. Berlokasi di utara pulau Bangka, tepatnya Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu yang akan dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan RI melalui PT Pelindo II.Konsep pembangunan Pelabuhan Tanjung Gudang itu sendiri mengusung konsep pelabuhan yang terintegrasi dengan memiliki terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal roro dan pelabuhan perikanan, Hal ini terungkap saat Gubernur Erzaldi beraudiensi dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi secara virtual, belum lama ini.

Gubernur dalam pertemuan virtual itu mengatakan pertemuan ini guna menindaklanjuti pertemuan sebelumnya terkait revisi pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sebagai pelabuhan ekspor.

"Pengembangan Pelabuhan Belinyu ini diharapkan dapat menjadi simpul bagi sentra produksi dan industri, transportasi dan logistik di kawasan Babel dan mampu menekan biaya logistik bagi para pengguna jasa," ujarnya.

Dengan letak wilayah Babel yang berada pada poros tengah jalur lalu lintas Pulau Sumatera dan Selat Karimata, yang merupakan jalur perdagangan internasional, menjadikan provinsi ini secara geografis sebagai wilayah strategis bidang pelayaran dan perdagangan jalur laut ke negara laut.

Sehingga, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan dipersiapkan untuk melayani arus ekspor impor termasuk komoditas dari Babel itu sendiri.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam kesempatan itu mewanti-wanti jajarannya untuk memastikan hal teknis dalam rencana pengembangan pelabuhan Belinyu berjalan dengan baik, seperti desain layout existing pembangunan dermaga, pengontrolan anggaran dilakukan dengan cermat, masalah pengerukan, arus ombak, hingga posisi karang.

"Harus disurvey ini, seperti arus ombaknya bagaimana, sehingga nanti setelah dibangun tidak menjadi masalah di kemudian hari," tegasnya.

Ia menyampaikan kepada gubernur bahwa pihaknya setuju dan siap membangun hal ini, sehingga ditargetkan pengembangan pelabuhan Belinyu pada tahap jangka pendek akan selesai pada tahun 2022.

Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Subagiyo dalam rapat virtual tersebut memaparkan bahwa pelabuhan yang berjarak sekitar 80 km dari pelabuhan Pangkalbalam ini, secara komersial sudah dikelola oleh PT Pelindo 2.

Adapun kondisi saat ini, dengan luas areal darat seluas 4,3 hektar. Fasilitas dermaga 1 sepanjang 101 meter, sementara dermaga 2 sepanjang 87 meter dengan alur pelayaran 10 mil dan lebar 200 meter.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm