Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Algarve 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)(PATRICIA DE MELO MOREIRA)
Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Algarve 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)(PATRICIA DE MELO MOREIRA) ( kompas.com)

Rahasia Joan Mir Bisa Berhasil Naik Podium di MotoGP Algarve

8 November 2021 22:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Joan Mir akhirnya berhasil meraih podium di musim ini. Juara dunia MotoGP 2020 tersebut mengaku senang dengan hasil akhir pekan ini.

Pebalap Suzuki tersebut mengatakan, dia senang dengan hasil keseluruhan, bukan hanya karena bisa naik podium dengan finis di posisi kedua. Sejak sesi latihan bebas FP1, Mir sudah merasa kompetitif.

"Akhir pekan seperti ini yang saya butuhkan. Dengan kondisi cuaca yang normal, saya bisa melakukan banyak lap dengan motor saya, lebih banyak lap di kondisi normal," ujar Mir, dikutip dari Crash.net, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, Francesco Bagnaia kali ini lebih baik dari dirinya. Pebalap Ducati tersebut bisa membalap dengan cara yang lebih efektif dan tidak melakukan kesalahan sedikit pun.

"Pada kecepatan itu, saya melakukan banyak kesalahan daripada dia. Dia tidak membuat kesalahan satu pun. Saya menunggu sepanjang balapan, tapi momen itu tidak pernah datang," kata Mir.

Salah satu faktor yang bisa membuat performa Mir lebih kompetitif kali ini adalah penggunaan ride height device generasi kedua pada Suzuki GSX-RR.

"Tentu saja, itu adalah salah satu kunci utama, karena saya tahu tanpa alat itu, saya tidak tahu mengenai trek ini, tapi di beberapa tempat Anda mendapatkan akselerasi lebih, karena lebih sedikit wheelie. Ini hal yang utama," ujar Mir.

Mir mengatakan, dia dan timnya masih harus meningkatkan ride height device ini. Sebab, ini baru prototype kedua. Mir membeberkan tahun yang akan datang akan ada sesuatu yang lebih baik lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rahasia Joan Mir Bisa Naik Podium di MotoGP Algarve", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/08/142100315/rahasia-joan-mir-bisa-naik-podium-di-motogp-algarve.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm