( )

Candil Alami Kesulitan Promosi Album Usai Keluar Dari Serius

10 November 2021 07:47 WIB

SonoraBangka.Id - Penyanyi Dian Dipa Chandra alias Candil mengungkap kesulitannya usai keluar dari band yang membesarkan namanya, Seurieus. Diketahui, Candil keluar dari band tersebut pada 2008. Rocker yang terkenal lewat lagu "Rocker Juga Manusia" ini sempat menghasilkan beberapa singel dan album, tetapi selalu gagal di pasaran.

"Singel ada sekitar lima, setelah tidak di Seurieus. Kebanyakan ada di soundtrack. Akhirnya, gue sempat bikin band juga," kata Candil dikutip dari kanal YouTube NGOBROL ASIX, Selasa (9/11/2021). "Beberapa tahun lalu, gue juga rilis album. Dulu kan sudah pernah ikut label, dan lainnya. Ternyata tidak semudah itu," lanjutnya. Penyanyi berusia 47 tahun ini merasakan perubahan iklim musik yang drastis.

Sebab, saat berada di Seurieus, seluruh karya Candil diuurusi oleh label. "Sudah kelar bikin sendiri, sok tahu, enggak kedengaran juga. Ya sudah, enggak kedengaran, akhirnya sempat bikin singel lagi, dampaknya juga sama," tutur Candil. Dari pengalaman tersebut, Candil memahami bahwa karyanya harus beradaptasi dengan perkembangan zaman. "Ya sudah, ternyata gue masuk di era fisik (kaset, CD). Berubah ke digital masih enggak percaya gitu, bisa jualan ke era digital. Tapi gue akhirnya tobat dan go to digital," ucap Candil.

Candil mengaku, musisi yang ingin sukses memang benar-benar harus bisa beradaptasi dengan keadaan. "Harus beradaptasi memang. Awalnya gue enggak cerewet di medsos. Ya, akhirnya gue pikir, terus ditolak kalau enggak beradaptasi. Jadinya gue pikir ya kenapa gue enggak bertolak ke situ," ujar Candil. Sebagai informasi, kini Candil kerap mengunggah karya-karya terbarunya di kanal YouTube Candilkece.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Candil Ungkap Kesulitan Usai Keluar dari Seurieus, Album Tak Laku di Pasaran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/09/173918966/candil-ungkap-kesulitan-usai-keluar-dari-seurieus-album-tak-laku-di-pasaran.
Penulis : Vincentius Mario
Editor : Andi Muttya Keteng Pangerang

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm