Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).(dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).(dok. Sekretariat Presiden) ( kompas.com)

Motor Kustom yang Digunakan Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika

12 November 2021 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebelum digunakan untuk ajang WorldSBK Indonesia 2021 akhir pekan mendatang, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat (12/11/2021).

Bukan cuma prosesi peresmian formal, Jokowi turut menjajal sendiri aspal sirkuit baru bertaraf internasional tersebut. Tidak main-main, ia menunggangi sepeda motor custom yang sudah datang lebih dulu beberapa hari sebelumnya.

Dari unggahan akun Instagram resmi Menteri BUMN Erick Thohir di @erickthohir, Jumat, nampak Jokowi mengenakan setelan lengkap untuk balapan warna hitam beserta helm dan sepatu yang senada.

Kalau diamati lebih lanjut, motor custom tersebut mirip dengan sepeda motor garapan Katros Garage untuk Jokowi beberapa tahun lalu. Motor tersebut menggunakan basis Kawasaki W175 yang di-custom dengan kelir warna hijau.

Apabila sebelumnya W175 custom milik Jokowi tersebut mempunyai model bobber, kini alirannya beralih jadi cafe racer dengan tambahan fairing dan buritan bernuansa balap klasik.

Bukan cuma itu, terpasang livery bertuliskan RI1 warna hitam cukup besar di samping dan kepala motor dipadukan dengan stripping warna putih. Wajar saja bila W175 custom ini jadi berkesan balap, sebab memang digunakan untuk meresmikan venue balapan juga.

Kawasaki W175 sendiri standarnya memiliki jantung pacu SOHC silinder tunggal 2 katup dengan kubikasi 177 cc. Mesin ini memiliki rasio kompresi 9,1:1. Tenaga maksimalnya 12,82 tk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Kustom yang Dipakai Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/12/141331915/motor-kustom-yang-dipakai-jokowi-saat-jajal-sirkuit-mandalika.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm