Makam Cyrus the Great yang berlokasi di Pasargadae, Iran. Iran sendiri tercatat  merupakan salah satu negara tertua di dunia.
Makam Cyrus the Great yang berlokasi di Pasargadae, Iran. Iran sendiri tercatat merupakan salah satu negara tertua di dunia. ( )

Inilah 5 Negara Tertua di Dunia yang Udah Ada Sejak Ribuan Tahun Sebelum Masehi

18 November 2021 12:41 WIB

SonoraBangka.ID - Dari 195 negara yang ada di dunia, beberapa di antaranya ternyata udah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu. Alhasil mereka pun dijuluki sebagai negara tertua di dunia

Uniknya, meski udah mengalami perubahan mulai dari wilayah perbatasan, struktur politik, hingga wilayah ibu kotanya, negara-negara tersebut tetap mampu bertahan.

Menurut World Population Review, Mesir dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia yang pertama kali didiami sekitar 6.000 SM dengan dinasti pertamanya diyakini berdiri sekitar 3.100 SM.

Selain Mesir, Yunani juga merupakan salah satu negara tertua di dunia dengan sejarah yang panjang. Diperkirakan peradaban maju telah mendiami Yunani sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Dilansir dari World Atlas, simak nih 5 negara tertua di dunia yang telah bertahan selama ratusan tahun.

  1. Iran (3.200 SM)

Negara yang secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Iran memiliki wilayah yang sudah ada sejak zaman Paleolitikum Bawah.

Beberapa peradaban Iran paling awal adalah Elam dan Jiroft. Elam adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III.

  1. Mesir (3.100 SM)

Wilayah Mesir telah dihuni sejak zaman kuno. Faktanya, sebagian besar sejarawan sepakat bahwa tempat lahirnya peradaban itu sendiri karena perkembangan awal dalam berbagai hal, termasuk penulisan dan pemerintahan.

Selama bertahun-tahun, bangsa Mesir telah dibangun oleh peradaban Romawi, Yunani, dan Nubia.

 
  1. Vietnam (2.879 SM)

Vietnam merupakan salah satu negara tertua di dunia. Kemiripan pemerintahan pertama dapat dikaitkan dengan dinasti Hong Bang.

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm