Penampakan 'UFO Donat' terekam kamera fotografer asal Swiss.
Penampakan 'UFO Donat' terekam kamera fotografer asal Swiss. ( )

Penampakan UFO Mirip Donat Ini Terekam Kamera Fotografer asal Swiss

18 November 2021 12:56 WIB

SonoraBangka.ID -  hai o

Dalam postingan Twitter yang diunggah pada 8 November lalu, si pengunggah menyebut foto misterius ini sebagai ‘UFO donat’ karena bentuknya yang menyerupai kue bulat tersebut.

Sayangnya, foto yang diunggah oleh akun Twitter @Eavix1Eavix tersebut kini sudah dihapus.

Menurut laporan Live Science, benda terbang itu tampak seperti pesawat ruang angkasa yang terdiri dari beberapa cincin konsentris berwarna biru cerah.

Sang fotografer mencurigai apa yang dilihatnya itu adalah kapsul Endeavour SpaceX, yang dijadwalkan kembali ke Bumi malam itu dengan empat astronot yang baru saja menyelesaikan 200 hari tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Media Inggris The Daily Mail bahkan memasukkan foto-foto misterius itu dalam kumpulan penampakan Endeavour pada hari berikutnya.

Sumber lainnya mengungkapkan lokasi pendaratan kapsul Endeavour yangha ohai mulai terlihat di Bumi pada pukul 10.30 EDT malam berada di belahan dunia lain, yakni di Teluk Meksiko, berjarak sejauh 8.000 km dari Zurich sehingga nggak mungkin jika kapsul tersebut terlihat di langit Swiss.

Pelacak satelit amatir sekaligus peneliti akademis di Universitas Leiden di Belanda, Marco Langbroek mengatakan, penduduk di Louisiana, Alabama, dan beberapa negara Teluk lainnya melihat dengan jelas pemandangan kapsul yang meluncur melintasi langit.

Namun sebaliknya, dia menyebut hampir nggak mungkin ada orang di Swiss yang dapat melihat penampakan masuknya kembali pesawat ruang angkasa itu ke Bumi.

 "Setiap lintasan (Endeavour) di Swiss sebelum mendarat malam itu akan sepenuhnya berada dalam bayangan Bumi, yaitu nggak akan diterangi oleh matahari dan karenanya nggak terlihat," jelas Langbroek.

Ia menambahkan, "Masuk kembalinya kapsul itu sendiri melewati Meksiko dan Teluk Meksiko, dan nggak akan terlihat dari Swiss. Deorbit burn, sebelum masuk kembali berada di atas Samudera Hindia, jadi nggak juga terlihat dari Swiss."

Tag:
SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm