Sabuk Pengaman pada jok baris kedua dan ketiga wajib dipakai penumpang (Aditya Maulana - Otomania)
Sabuk Pengaman pada jok baris kedua dan ketiga wajib dipakai penumpang (Aditya Maulana - Otomania) ( kompas.com)

Bukan Cuma Pengemudi, Penumpang Juga Wajib Menggunakan Sabuk Pengaman

30 November 2021 19:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keselamatan pertama yang ada di kendaraan. Fungsinya dapat meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan.

Sabuk pengaman dirancang untuk mengurangi luka dengan menahan penumpang dari benturan dengan bagian-bagian dalam kendaraan atau terlempar dari dalam kendaraannya.

Sabuk pengaman juga mencegah penumpang yang duduk di kursi belakang membentur penumpang yang duduk di barisan depan.

Penggunaan sabuk pengaman wajib digunakan bagi pengemudi maupun penumpang kendaraan roda empat. Aturan penggunaan safety belt juga diatur dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Tentang kewajiban menggunakan seat belt bagi pengemudi dan penumpang di depan, tertuang dalam pasal 106 ayat (6).

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pengemudi dan penumpang yang posisinya duduk di samping sopir wajib mengenakan sabuk pengaman.

Dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 pasal 289 dijelaskan, bagi pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman, akan mendapatkan sanksi denda sebesar Rp 250.000 atau kurungan penjara paling lama satu bulan.

Aturan mengenai penggunaan sabuk pengaman memang hanya ditegaskan untuk pengemudi dan penumpang yang ada di depan. Tapi bukan berarti penumpang yang duduk di kursi belakang tidak perlu menggunakan sabuk pengaman.

Penumpang yang duduk di kursi belakang sebaiknya juga menggunakan sabuk pengaman. Hal ini berkaitan dengan keselamatan penumpang, apalagi mobil jaman sekarang sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman sampai dengan kursi belakang.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, demi keamanan penumpang yang duduk di belakang pengemudi juga wajib memasang sabuk pengaman.

“Kalau penumpang di belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau seat belt, maka ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan penumpang bisa terpental,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Tidak hanya itu, penumpang yang tidak memasang seat belt juga bisa mencederai pengemudi atau penumpang yang ada di depannya pada saat terjadi kecelakaan.

“Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang yang ada di samping sopir, tetapi penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan seat belt,” ucap Marcell.

Maka dari itu, Marcell menyarankan, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya penumpang mobil yang duduk di bagian belakang tetap menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Cuma Pengemudi, Penumpang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/30/111200315/bukan-cuma-pengemudi-penumpang-juga-wajib-pakai-sabuk-pengaman?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm