Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berkomitmen untuk selalu berusaha mewujudkan keterbukaan terhadap informasi, Rabu (2/12/2021).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berkomitmen untuk selalu berusaha mewujudkan keterbukaan terhadap informasi, Rabu (2/12/2021). ( Diskominfotik Bangka)

Pemkab Bangka Berkomitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi Hingga Pelosok

3 Desember 2021 15:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berkomitmen untuk selalu berusaha mewujudkan keterbukaan terhadap informasi hingga ke wilayah terdalam, Rabu (2/12/2021).

Keterbukaan tersebut termasuk kemudahan masyarakat dalam memperoleh dan mengakses informasi yang ada di wilayah Kabupaten Bangka.

Melalui kunjungan sekaligus sosialisasi dari Komisi Informasi ini, Mulkan berharap kegiatan tersebut mampu mewujudkan hal tersebut.

Mengingat informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang sebagai pengembangan probadi dan lingkungan.

Ketua Komisi Informasi, Syawaludin menyampaikan suatu negara yang dianggap maju diindikasikan dengan pelayanan publik yang baik.

Salah satu indikator dari pelayanan publik yaitu keterbukaan dan kemudahan dalam akses informasi.

"Banyak negara maju diluar sana bukan dikarenakan teknologi ataupun peralatan yang maju. Melainkan pelayanan masyarakat yang terbaik yang salahsatunya diindikasikan dengan keterbukaan informasi yang baik," ungkap Syawaludin.

Pemekab Bangka juga telah menjadikan keterbukaan informasi sebagai bidang pemerintahan yang penting.

Dengan berupaya menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel sehingga peran pejabat pengelola informasi publik di Pemkab Bangka.

Bupati Bangka yang diwakili Asisten Setda bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka, Rahmad Gunawan menyampaikan pengembangan website setiap desa di Kabupaten Bangka terus dilaksanakan sebagai pusat pelayanan dan informasi di tingkat desa.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyampaikan telah mempersiapkan tiga desa sebagai percontohan PPID Desa.

Ketiga desa tersebut dipersiapkan guna mengikuti perlombaan keterbukaan informasi.

"Kita mengajukan Desa Karya Makmur, Bukit Layang, Desa Riau untuk persiapan lomba desa keterbukaan informasi publik tingkat provinsi. Semoga desa kelurahan lainnya juga dapat meningkatkan keterbukaan informasi bagi masyarakat," tutup Boy Yandra.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm