Gerhana matahari cincin
Gerhana matahari cincin ( (pixabay))

Ada Gerhana Matahari Hari ini, Catat Waktu dan Cara Untuk Melihatnya!

4 Desember 2021 08:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Fenomena gerhana Matahari akan berlangsung pada hari ini, Sabtu (4/12/2021) pukul 10.59 WIB. Walaupun fenomena ini terjadi tahunan, gerhana Matahari kali ini merupakan fenomena astronomi kedua dan terakhir pada tahun 2021.

Apakah di Indonesia bisa menyaksikan gerhana Matahari?

Gerhana Matahari merupakan fenomena antariksa yang terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari.

Jika kondisi ini terjadi, maka sebagian sinar Matahari yang terpantul ke permukaan Bumi tertutup oleh Bulan dan menyebabkan gelap sementara.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, Indonesia tak termasuk wilayah yang bisa menyaksikan gerhana Matahari pada hari ini.

"Indonesia tidak bisa menyaksikan secara langsung fenomena gerhana Matahari kali ini," kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/12/2021). Ia menjelaskan, hal ini karena Indonesia tidak terkena baik itu penumbra maupun umbra Bulan.

"Maka Indonesia tidak akan mengalami gerhana Matahari baik total maupun sebagian saja (tidak disertai gerhana total)," ujar dia.

Jadi, Indonesia hanya akan mengalami fase Bulan baru super yakni ketika fase Bulan baru (konfigurasi Matahari-Bulan-Bumi dalam satu garis lurus) dengan selisih bujur ekliptika Bulan-Matahari terjadi beriringan dengan perige (titik terdekat Bulan dari Bumi).

Menyaksikan secara daring

Walau demikian, warga Indonesia bisa melihat keindahan fenomena antariksa ini secara online melalui situs berikut.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm