Sebaran kasus Covid-19 di Bangka Belitung hingga Sabtu 4 Desember 2021
Sebaran kasus Covid-19 di Bangka Belitung hingga Sabtu 4 Desember 2021 ( Satgas Penanganan Covid -19 Bangka Belitung)

Kasus Covid-19 Melandai, Namun Satgas Soroti Kepatuhan Prokes di Babel Kian Menurun

5 Desember 2021 07:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Kasus baru Covid-19 di Bangka Belitung (Babel) masih melandai. Pada hari Sabtu (4/12/2021) tercatat di Satgas Penanganan Covid-19 Babel ada lima orang terkonfirmasi, kini total kumulatif menjadi 52.299 orang.

Sementara kasus yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi bertambah sebanyak dua orang, secara kumulatif menjadi 50.773 orang. Adapun kasus meninggal dunia akibat Covid-19 nihil,  berjumlah 1.456 orang.

Disaat kasus sedang melandai, Satgas Penanganan Covid-19 Babel menyoroti kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) yang semakin menurun.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno menyebutkan, berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan prokes selama sepekan 22-28 November 2021, dari 523 titik yang dipantau, diketahui angka kepatuhan memakai masker 88,48 persen, menurun dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dari 90,93 persen rerata nasional.

Sedangkan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan 86,61 persen, menurun dibanding dengan pekan sebelumnya, dari 90,10 persen rerata nasional.

“Tingkat kepatuhan dan kesadaran dalam menerapkan prokes 6M khususnya di Babel dalam sepekan terakhir ini mengalami penurunan yang cukup drastis, baik dalam penggunaan masker maupun dalam perilaku menjaga jarak,” kata Andi, Sabtu (4/12/2021).

Tentu hal ini menurut Andi, menjadi kabar kurang baik dan mencemaskan di tengah upaya dan ikhtiar bersama dalam menghadapi, serta mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap ancaman gelombang ke-III yang ada di depan mata, berupa variant of concern maupun mutasi baru Covid-19 yang kini sudah melanda negara jiran.

Oleh sebab itu, Andi mengajak semua masyarakat untuk membiasakan prokes 6M dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu dengan Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/hand sanitizer, Mengurangi mobilitas, Menghindari kerumunan, dan Menghindari makan bersama.

“Ini bagian dari tanggung jawab dan kesadaran kolektif agar pandemi Covid-19 ini bisa terkendali dan segera berakhir. Jangan abai apalagi menyepelekan Covid-19 karena sudah banyak korban terpapar,”katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kasus Covid-19 Masih Melandai, Satgas Soroti Kepatuhan Prokes di Babel Semakin Menurun, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/04/kasus-covid-19-masih-melandai-satgas-soroti-kepatuhan-prokes-di-babel-semakin-menurun.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm