Warga berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang yang dalam keadaan sedang gelombang tinggi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan siaga satu bencana setelah cuaca ekstrem serta banjir rob merendam ratusan permukiman warga, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung.
Warga berada di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang yang dalam keadaan sedang gelombang tinggi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan siaga satu bencana setelah cuaca ekstrem serta banjir rob merendam ratusan permukiman warga, di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung. ( Bangkapos.com/dokumentasi )

Hujan Terus Menerus, DKP Babel Himbau Masyarakat, Hati-hati Beraktivitas di Laut

6 Desember 2021 16:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Koordinator BOOST Centre sekaligus Pengawas Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Babel), Kemal meminta agar masyarakat waspada terkait pasang surut imbas dari cuaca yang sering hujan saat ini.

Berdasarkan data, pasang maksimum pada bulan Desember 2021 diperkirakan terjadi pada tanggal 8-9 Desember 2021 yakni pada jam 09.00 WIB pagi dengan ketinggian 2,72 meter yang berada di lokasi Pangkalpinang, Sungailiat, dan sekitarnya.

"Kalau dari segi pasang surut air laut kondisi masih normal saat ini, cuma memang sekarang perlu waspada karena cuaca ekstrem,"ucap Kemal, Senin (6/12/2021).

Dia mengatakan yang perlu diwaspadai adalah jika terjadi cuaca buruk di laut yang menimbulkan gelombang tinggi, karena saat ini angin cukup kencang dan masuk musim angin barat.

"Akibatnya memang yang perlu diwaspadai juga banjir rob akan melimpa semakin jauh ke daratan. Banjir akan lama surutnya karena dampak curah hujan yang cukup tinggi dan apabila terjadi pasang maksimum," ujarnya.

Dia menyebutkan jika kondisi  air menuju pasang tertinggi, berarti air masuk ke dalam, sedangkan apabila terjadi hujan terus-terusan tanpa henti.

"Air hujan yang tumpah melalui sungai tidak bisa menuju ke laut karena tertahan air pasang juga yang masuk kedalam. Sehingga, air tertahan dan terangkat ke atas. Hal inilah yang bisa menyebabkan banjir rob dan surutnya lama,"ujarnya.

Oleh sebab itu, masyarakat nelayan atau pesisir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan agar selalu waspada dalam melakukan aktivitas di laut.

"Karena kondisi cuaca sedang tidak menentu, gelombang tinggi, angin kencang dan curah hujan juga cukup tinggi. Selalu memantau kondisi cuaca yang sudah diterbitkan oleh BMKG. Apabila memang harus melaut, alat leselamatan pelayaran wajib dimiliki dan dilengkapi. Terutama Life Jacket," himbaunya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hujan Terus Menerus, DKP Babel Minta Masyarakat Waspada Beraktivitas di Laut, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/06/hujan-terus-menerus-dkp-babel-minta-masyarakat-waspada-beraktivitas-di-laut.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm