Kasat Polair, Polres Bangka Selatan Iptu Rio Pranata Tarigan
Kasat Polair, Polres Bangka Selatan Iptu Rio Pranata Tarigan ( Istimewa)

Nelayan Bangka Selatan Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Melaut

8 Desember 2021 09:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Bangka Selatan mengimbau agar para nelayan pesisir di wilayah hukum Polres Bangka Selatan selalu waspada terhadap cuaca ekstrem untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut.

"Beberapa hari ke depan cuaca sedang ekstrem, kami mengharapkan nelayan selalu waspada dan berhati-hati saat melaut," imbau Kasat Polair, Iptu Rio Pranata Tarigan, Selasa (7/12/2021).

Ia juga mengingatkan agar para nelayan selalu memantau dan mencari informasi tentang perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

 

Hal tersebut, sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan laut, Rio menuturkan, selain memantau perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, para nelayan diminta untuk membawa perlengkapan keselamatan saat melaut.

"Cuaca sekarang masih terbilang ekstrem, perkiraan gelombang tinggi dua sampai tiga meter, untuk itu nelayan selalu siaga, persiapkan perlengkapan keselamatan seperti pelampung, kondisi perahu, dan perlengkapan keselamatan lainnya sangat penting," ujar dia.

Kasat Polari Polres Bangka Selatan ini menyarankan apabila cuaca tidak mendukung diharapkan nelayan tidak memaksakan diri untuk pergi melaut, utamakan keselamatan karena itu yang utama.

"Keselamatan adalah yang utama. Jangan memaksakan untuk melaut saat cuaca sedang tidak mendukung," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Cuaca Ekstrem, Nelayan Bangka Selatan Diminta Waspada Melaut, Siapkan Alat Keselamatan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm