ilustrasi herpes zoster atau cacar api
ilustrasi herpes zoster atau cacar api ( Kompas.com)

Terjadi Ruam dan Lepuh di Kulit, Ini Gejala Cacar Api Mirip Chickenpox

14 Desember 2021 11:35 WIB

SonoraBangka.id - Mirip dengan cacar air atau chickenpox, penyakit cacar api disebut juga herpes zoster (juga disebut herpes zoster atau zoster).

Adalah penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi sebelumnya dengan virus herpes zoster (juga bernama varicella-zoster virus, vzv, hhv-3, atau virus cacar air yang mengakibatkan ruam kulit lokal yang menyakitkan , biasanya dengan lepuh (kantung berisi cairan) di atas kulit kemerahan.

Jenis cacar ini sering disebut cacar api karena penderitanya sering mengeluh kulit terasa perih dan panas seperti terbakar.

Orang-orang yang memiliki gejala awal cacar api harus segera ke dokter karena antivirus hanya efektif jika diberikan lebih awal.

Jika ruam dengan lepuh ada di hidung seseorang atau di dekat mata, mereka harus segera dibawa ke dokter karena virus dapat menyebar ke mata dan menyebabkan kerusakan mata atau kehilangan penglihatan (tindak lanjut cepat ke dokter mata sangat direkomendasikan).

Individu juga harus menerima perawatan sesegera mungkin jika mereka memiliki penyakit medis yang mengurangi kemampuan mereka untuk melawan infeksi.

Orang-orang ini mungkin dapat menghindari komplikasi jika diobati pada tahap awal penyakit.

 

Cacar api sering terjadi pada anak dan umumnya ditandai dengan gejala seperti;

- Rasa sakit, kemerahan, atau ruam (dengan atau tanpa lepuh) di wajah, terutama jika dekat mata

- Menderita demam tinggi atau merasa sakit

- Jika lepuh terus menyebar ke area lain dari tubuh

Namun selain itu, jangan menggaruk kulit tempat ruam berada. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri sekunder dan jaringan parut. 

SumberHealth.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm