Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo.
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo. ( Bangkapos.com/dok )

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Babel, Dilaksanakan di 2 Kabupaten Terlebih Dulu

15 Desember 2021 14:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan kick off Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah dilakukan  pemerintah secara resmi pada Selasa, (14/12/2021) kemarin.

Pelaksanaan di Bangka Belitung bakal dimulai dari dua kabupaten duluan yakni kabupaten Bangka Barat dan Belitung Timur.

"Vaksinasi anak sudah di kick off, untuk Bangka Belitung itu hanya dua kabupaten yang sudah dapat izin dari pusat untuk melaksanakan, untuk kick off sedang kita kondisikan," kata Juru Bicara Vaksinasi sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Rabu (15/12/2021).

Kata dia, dua kabupaten yang sudah dapat izin ini dikarenakan sudah memenuhi ketentuan yakni cakupan vaksinasi untuk lansia yang sudah mencapai 60 persen.

Tetapi untuk waktu pelaksanaan masih dalam proses koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten.

"Sebetulnya kota Pangkalpinang sudah 60 persen, jadi kemarin kita usulkan juga, kita sudah koordinasi agar kota Pangkalpinang juga melaksanakan itu," ucapnya.

Jenis vaksin yang digunakan untuk anak-anak ini jenis Sinovac yang sesuai dengan izin BPOM.

"Kalau pelaksanaan bisa di sekolah-sekolah atau bisa juga di faskes. Kami juga akan berupaya memberikan edukasi kepada orangtua mengenai vaksinasi anak ini dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi dan agar anak-anak tidak tertular dan menulari," ujarnya.

Dia meyakini dengan adanya vaksinasi untuk anak-anak ini, bakal dapat sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

"Saran untuk anak-anak yang akan vaksin, paling makan-makanan yang bergizi dan patuhi prokes. Kalau setelah divaksin, ada gejala demam, pusing atau apapun, maka segera lapor ke faskes setempat, atau ada nomor kontak di sertifikat vaksin yang bisa dihubungi. InsyaAllah vaksin untuk anak-anak tak ada masalah," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Babel, Akan Dilaksanakan di Dua Kabupaten Ini Terlebih Dulu  , https://bangka.tribunnews.com/2021/12/15/vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun-di-babel-akan-dilaksanakan-di-dua-kabupaten-ini-terlebih-dulu.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm