Ilustrasi
Ilustrasi ( dok. google )

Stop Sekarang, Ini Bahaya Jika Punya Kebiasaan Mengunyah Es Batu!

19 Desember 2021 14:52 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin tidak sedikit dari kita yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu.

 

Kita mungkin berpikir, kebiasaan mengunyah es batu adalah hal yang aman-aman saja.

Pasalnya, es batu hanyalah air bersih yang dibekukan dan tidak mengandung gula dan pengawet.

Padahal kenyataannya, kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu tanda kita sedang mengalami penyakit atau gangguan tertentu.

Mengutip dari Kompas.com, orang yang mempunyai kebiasaan mengunyah es batu disebut pagophagia, yang merupakan bagian dari pica.

Pica merupakan sebuah gangguan makan yang membuat penderitanya mempunyai orientasi untuk mengonsumsi makanan yang tak lazim.

Menurut laman resmi Dental Plans via Kompas.com, pica dapat muncul karena seseorang mengalami kekurangan nutrisi tertentu.

Pada kondisi pagophagia, kebiasaan mengunyah es batu muncul karena penderitanya mengidap anemia atau kekurangan zat besi.

Selain itu, kondisi lain yang membuat orang mempunyai kebiasaan untuk mengunyah es batu adalah OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder.

OCD merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang mengarah pada perilaku kompulsif dan pikiran obsesif.

Dari penjabaran di atas, kita pasti menyadari bahwa kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan.

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm