( Ist)

Puncak HKSN Di Muntok, Momentum Perkuat Jiwa Sosial Dalam Diri

20 Desember 2021 09:42 WIB

SonoraBangka.id - Puncak rangkaian Kegiatan Bulan Bakti Kesetiakawanan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Gelora Bung Karno, Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Minggu (19/12/21) berlangsung meriah dan mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, yang juga mewakili Presiden Joko Widodo, memberikan sambutan saat menghadiri langsung acara puncak HKSN di Bumi Sejiran Setason. Ia juga memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan HKSN 2021 di Bangka Barat itu. HKSN katanya, menjadi momentum bagi setiap elemen masyarakat untuk memperkuat jiwa sosial yang ada dalam diri.

"Kesetiakawanan sosial itu ada dan diperlukan saat kita ada keterbatasan. Banyak sekali hal positif yang didapatkan dalam memaknai kesetiakawanan ini, bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu hal sama-sama," ujarnya.

Salah satu wujud yang dapat dimaknai dalam HKSN menurut menteri yang juga mantan Walikota Surabaya ini ialah, dengan menunjukkan sikap gotong royong. Ia menyontohkan sejarah besar yang terukir di Bangka Barat sebagai saksi kemerdekaan Indonesia, merupakan buah dari kuatnya kerja sama para founding father bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan pejuang lainnya.

"Kita bisa bersama-sama membangun kegotongroyongan ini. Saya mengutip apa yang disebutkan Pak Wabup (Wakil Bupati Bong Ming Ming), bahwa kekuatan bangsa ini adalah toleransinya. Contohnya tidak perlu jauh-jauh, di sini saja. Kemerdekaan itu berkat dari perjuangan, kegotongroyongan," ujarnya.

"Begitu pula bagi mereka penyandang disabilitas ini. Tuhan memberikan kita kekurangan, tetapi juga kelebihan. Tinggal bagaimana kita me-manage dan mengelola agar menjadikan derajat mereka lebih terangkat lagi. Ini juga merupakan bentuk syukur kita," katanya menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengucapkan rasa syukurnya atas kehadiran Mensos Risma ke Bangka Belitung. Ia juga berterima kasih atas perhatian yang diberikan Kemensos RI untuk masyarakat Bumi Serumpun Sebalai melalui bantuan-bantuan yang diserahkan selama rangkaian HKSN 2021.

"Kami sangat bersyukur Kementerian Sosial RI bahu-membahu untuk menyukseskan acara ini dengan memberikan bantuan kepada masyarakat kami. Bantuan yang ibu berikan tadi sebagai pemancing bagi masyarakat kami, khususnya disabilitas," katanya.

Hari Kesetiakawanan juga, dilanjutkan Gubernur Erzaldi menjadi simbol kebersamaan, dan tidak sekadar kegiatan seremonial belaka. Hal ini juga patut untuk terus dijaga dan ditanamkan dalam diri generasi penerus, sehingga dapat memperkokoh kesatuan bangsa.

"Sekali lagi saya terima kasih Ibu Menteri yang telah menyampaikan bantuan kepada masyarakat kami. Dengan begitu, kita berupaya membuat mereka lebih mandiribdan sukses. Mari jadikan HKSN ini untuk memperkokoh solidaritas Indonesia. InsyaAllah apa yang diberikan Ibu Risma akan membuat daerah kita lebih maju lagi," pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm