Jelang berakhirnya bulan Ramadhan, legenda dangdut Indonesia Rhoma Irama kembali mengeluarkan single ciptaannya.
Jelang berakhirnya bulan Ramadhan, legenda dangdut Indonesia Rhoma Irama kembali mengeluarkan single ciptaannya. ( TRIBUNNEWS.com/Vincentius Jyestha Candraditya)

Rhoma Irama Ajak Semua Musisi Kompak Perjuangkan Hak Cipta

27 Desember 2021 10:52 WIB

SonoraBangka.IDRhoma Irama ikut memaknai perjalanan kisah di 2021.  Namun, saat ini dirinya berusaha untuk menolak gugatan uji materi Undang-Undang-undang Hak Cipta yang dilayangkan oleh salah satu label musik Indonesia, Musica Studios. 

Rhoma Irama memaknai tahun 2021 yang segera berakhir dengan mengajak para musisi Tanah Air kompak memperjuangkan hak cipta di Mahkamah Konstitusi (MK). 

 

Sebab menurutnya para musisi harus bersatu untuk membela hak-haknya sebagai pemilik karya.  

"Supaya engga bias kita maknai akhir tahun ini bahwa kita tengah memperjuangkan hak cipta di MK," ujar Rhoma Irama saat ditemui di Depok, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021). 

"Satu ciri khas penutupan tahun ini adanya upaya yudisial review dari pihak produser dan tentunya kita dari penciptaan, mempertahankan itu undang undang sudah tertuang, dalam undang undang bahwa hak cipta itu ada intelektual right," sambung Rhoma Irama. 

Tidak hanya itu, hak cipta tersebut sangat berharga dan tidak bisa disamakan dengan barang layaknya jual beli. 

"Sesuatu yang sangat berharga yang tidak bisa disamakan dengan barang, tidak sama dengan jual beli barang, jadi ya sangat ekslusif," ucap pelantun Syahdu itu. 

Terakhir ia berharap perjuangannya ini akan memberikan kado terindah di tahun 2021. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Rhoma Irama Ajak Semua Musisi Kompak Perjuangkan Hak Cipta, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/12/25/rhoma-irama-ajak-semua-musisi-kompak-perjuangkan-hak-cipta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm