Gestur pelatih Thailand Alexandre Polking (kanan) pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.
Gestur pelatih Thailand Alexandre Polking (kanan) pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020. ( (AFP/ROSLAN RAHMAN))

Ritual Keberuntungan di Balik Kemeja Hitam dan Celana Jeans Pelatih Timnas Thailand

1 Januari 2022 09:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelatih timnas Thailand, Alexandre "Mano" Polking, tampak selalu mengenakan pakaian yang sama di setiap pertandingan Piala AFF 2020.

Alexandre Polking mengenakan kemeja hitam dan celana jeans dalam tujuh laga yang telah timnas Thailand mainkan, dari fase grup sampai leg pertama final Piala AFF 2020 kontra Indonesia.

Menjelang leg kedua final Piala AFF 2020 Thailand vs Indonesia, Alexandre Polking mengungkapkan alasan dirinya selalu mengenakan pakaian yang sama di setiap pertandingan.

Berdasarkan penjelasannya, Alexandre Polking rupanya sangat memercayai adanya keberuntungan di balik kemeja hitam dan celana jeans yang ia pakai.

Artinya, mengenakan pakaian yang sama sudah menjadi ritual keberuntungan bagi Alexandre Polking. "Saya sangat percaya pada keberuntungan, kemeja, celana, pakaian dalam, semua yang saya gunakan," ujar Alexandre Polking, dikutip dari Soha.vn.

"Namun, semua bersih saat saya gunakan. Saya mencucinya setiap kali kami selesai bertanding," kata Alexandre Polking. "Kami tidak kalah (sejak laga pertama). Jadi, saya tidak akan menggantinya. Hanya ubah cara berpakaiannya,"ucap pelatih kelahiran Brasil tersebut.

Di bawah asuhan Alexandre Polking, Thailand memang belum terkalahkan selama pergelaran Piala AFF 2020. Saat berjuang di fase grup, skuad Gajah Perang selalu memetik kemenangan. Mereka mengukir hasil sempurna, yakni 12 poin dari empat laga.

Lalu, di semifinal, Thailand mengemas satu kemenangan dan satu hasil imbang dari dua leg kontra Vietnam. Selanjutnya, anak-anak asuh Alexandre Polking kembali memetik kemenangan pada leg pertama kontra Indonesia, Rabu (29/12/2021).

Selain belum terkalahkan, Thailand juga baru kebobolan satu kali selama pergelaran Piala AFF 2020. Satu-satunya gol yang bersarang di gawang Thailand dicetak oleh pemain Filipina, yakni Patrick Reichelt.

Penampilan gemilang Thailand pada Piala AFF 2020, bukan hanya terjadi karena faktor keberuntungan. Di samping itu, terdapat peran penting Alexandre Polking yang mampu membangun skuad tangguh dalam waktu yang tergolong singkat.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm