Cuaca di Jembatan Emas, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, beberapa waktu lalu.
Cuaca di Jembatan Emas, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, beberapa waktu lalu. ( Bangkapos.com/Yuranda)

Dishub Babel : Jembatan Emas Akan Aktif Buka Tutup 10 Januari 2022

5 Januari 2022 13:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Jembatan Eko Mulana Ali Suroso (Emas) yang menghubungkan antara kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka akan kembali aktif beroperasi pada 10 Januari 2022 ini.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung (Babel), Asban Aris, menyebutkan jembatan Emas yang merupakan icon Bangka Belitung ini akan mulai beroperasi turun dan naik pada bulan ini.

"Ditetapkan mulai berlaku pada Senin 10 Januari 2022, dapat dilewati kendaraan pada pagi hari mulai pukul 06.30 hingga 08.00 WIB dan pada sore hari pada pukul 16.00 hingga 17.30 WIB," ujar Asban kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Asban menyebutkan, dengan kembali beroperasi turun-naik Jembatan Emas tersebut akan mengurai lalu lintas kendaraan dari Jalan Depati Hamzah, Jalan Trem dan Jalan Ketapang Pangkalpinang.

"Karena selama ini pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari terjadi kemacetan lalu lintas disebabkan oleh aktivitas masyarakat menuju wilayah Kabupaten Bangka," tambahnya.

Ia menambahkan dengan aktif kembali kegiatan operasional turun-naik Jembatan Emas akan di evaluasi setiap enam bulan  sekali.

"Apabila ada hal-hal yang urgent maka waktu operasional turun-naik akan disesuaikan dengan kondisi lapangan," ucapnya.

Diketahui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sudah mengelurkan biaya lebih dari Rp 420 milliar untuk membuat jembatan Emas.

Jembatan tersebut memiliki panjang 785 meter, dengan lebar 23 meter, membentang di atas aliran Sungai Pangkalbalam, wilayah Ketapang, Pangkalpinang.


Teknologi yang digunakan jembatan Emas, yaitu bascule atau sistem buka tutup.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dishub Bangka Belitung Umumkan Jembatan Emas Bakal Kembali Aktif Buka Tutup 10 Januari 2022, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/05/dishub-bangka-belitung-umumkan-jembatan-emas-bakal-kembali-aktif-buka-tutup-10-januari-2022.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm