( )

Kampas Kopling Skuter Matik Bisa Aus karena Kebiasaan Ini

6 Januari 2022 19:40 WIB

Kendaraan Skuter matik (skutik) saat ini memang menjadi salah satu motor yang sering ditemui di jalan. Cara pengoperasiannya pun tergolong gampang, pengendara tidak perlu ganti gigi ataupun tarik kopling.

Meskipun begitu, dalam sistem penggerak skutik dengan CVT, tetap ada kopling di dalamnya. Layaknya suku cadang lain, kopling pada skutik juga memiliki usia pakai atau bisa aus seiring berjalannya waktu.

Salah satu hal yang bisa memengaruhi usia pakai dari kopling skutik ini adalah cara berkendara. Ada kebiasaan yang bisa menyebabkan kampas kopling skutik jadi lebih cepat aus daripada yang seharusnya.

“Kebiasaan pengendara tarik gas sambil ngerem juga yang membuat kampas kopling cepat aus,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor kepada Kompas.com, belum lama ini.

Seharusnya, ketika memang mau mengerem, gas jangan sambil ditarik. Hal ini membuat kopling tetap berputar tetap motor tidak berjalan. Efek dari kampas kopling yang aus tadi di skutik adalah v-belt yang jadi sering selip.

Ketika v-belt selip, pengendara jadi merasakan tarikan motor yang ‘ngeden’. Jadi ketika gas ditarik penuh, motor tidak melaju dengan cepat.

Pengecekan kampas kopling sudah aus apa belum biasanya dilakukan secara rutin setiap 8.000 km. Selain kampas rem yang dicek, Endro mengatakan kalau roller dan van belt juga turut diperiksa kondisinya.

Untuk pemakaian yang wajar, kampas kopling skutik bisa digunakan sampai 24.000 km sampai 35.000 km. Tapi kembali lagi ke pengendara motornya, apakah memiliki kebiasaan kurang baik tadi atau tidak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kampas Kopling Skutik Bisa Aus karena Kebiasaan Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/05/194200715/kampas-kopling-skutik-bisa-aus-karena-kebiasaan-ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm