Gelombang
Gelombang ( ist)

Waspada Cuaca Buruk ! Satpolair Polres Bangka Barat Harap Nelayan Gunakan Pelindung Diri

7 Januari 2022 16:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Karena dampak cuaca yang masih tak menentu, Kasat Polair Polres Bangka BaratAKP Candra Wijaya meminta kepada masyarakat, khususnya nelayan untuk berhati-hati terhadap gelombang tinggi. 

"Dari data Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sesuai dengan prakiraan cuaca telah memberikan warning kepada masyarakat terkait tinggi gelombang, kecepatan angin, serta volume hujan yang terjadi," kata AKP Candra Wijaya, Jumat (7/1/2022). 

Guna mengantisipasi kejadian yang tidak ingin terjadi, sejumlah Personel Polres Bangka Barat pun dipersiapkan untuk memberikan langkah tanggap bencana kepada masyarakat. 

"Sesuai laporan personil kami dilapangan saat melakukan patroli laut, cuaca di perairan tidak menentu dimana tinggi gelombang saat ini bisa mencapai satu hingga dua setengah meter. Sehingga dengan kondisi seperti ini, saya harap nelayan yang melakukan aktivitas di laut agar lebih berhati-hati,"tambahnya.

Lebih lanjut AKP Candra Wijaya juga mengatakan untuk para nelayan yang sehari-harinya mencari ikan di perairan Bangka Barat, untuk membekali diri dan perahu dengan berbagai alat pengaman untuk mencegah kemungkinan terburuk jika terjadi bencana. 

"Kami anggota Polair menghimbau kepada kepada masyarakat yang hendak melaut, untuk terlebih dahulu mengecek kembali kondisi kapal atau perahu yang hendak digunakan. Selalu menggunakan life jacket, membawa alat navigasi, dan melihat cuaca sebelum berlayar sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," harapnya. 

Selain itu diketahui sebelumnya sepanjang 2021 lalu, terdapat beberapa kejadian yang terjadi di laut sampai bahkan menelan korban jiwa. 

Satu di antaranya yakni korban Purwo Jatmiko (32) yang merupakan ABK, dari KMP Musi 1 yang hilang pada Senin (20/09/2021) lalu di sekitaran perairan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Waspadai Cuaca Buruk ! Satpolair Polres Bangka Barat Minta Nelayan Gunakan Pelindung Diri  , https://bangka.tribunnews.com/2022/01/07/waspadai-cuaca-buruk-satpolair-polres-bangka-barat-minta-nelayan-gunakan-pelindung-diri.
i

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm