Seniman ventriloquist Ria Enes dan Boneka Susan
Seniman ventriloquist Ria Enes dan Boneka Susan ( IST)

Di Balik Tren Spirit Doll di Kalangan Artis, Ria Enes Singgung Motif Bisnis

8 Januari 2022 13:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Seniman ventriloquist Ria Enes angkat bicara terkait fenomena spirit doll yang ramai diadopsi oleh para artis Tanah Air saat ini.

Diketahui Ria Enes bersama boneka Susan merupakan karakter yang sangat populer di era 1990 sampai 2000-an.

Ria Enes dan boneka Susan sudah menjadi ikon bagi para anak yang bertumbuh di era 1990-an, di mana boneka Susan sering hadir menghibur lewat dongeng-dongengnya.

Tren memelihara boneka yang jauh sudah dibuat oleh Ria Enes, akhir-akhir ini ramai diikuti oleh para pesohor Tanah Air. Melihat fenomena tersebut, Ria Enes menduga adanya motif bisnis di baliknya.

"Tapi satu hal lagi, itu bisa juga adalah bisnis, terkait dengan profesi, tools yang kita pakai,"kata Ria Enes dalam wawancara eksklusif virtual bersama Kompas.com.

Ria Enes menyebutkan, tujuan para artis itu mungkin bermacam-macam, termasuk untuk mendongkrak karier mereka.

"Untuk bisa mendongkrak karier kita, mungkin, kan, macam-macam,"lanjutnya. Ria menuturkan, kecintaan seseorang terhadap suatu barang adalah hal yang sangat wajar. Ditambah, boneka memberi efek lucu dan terkesan menghibur bagi mereka yang memang suka merawatnya.

"Tapi kalau senang dengan sesuatu yang lucu, unik, itu wajar," kata Ria. Namun, Ria Enez berharap agar tak ada halusinasi bagi para pesohor Tanah Air yang kini diketahui mengadopsi boneka.

"Sejauh memang tidak menjadi kelekatan dan membuat kita menjadi halu gitu, ya, wajar aja. Jadi tergantung gitu. Jangan sampai kalau tidak bersama bonekanya enggak bisa, itu jangan sampai," tambah Ria.

Sebut saja, beberapa nama seperti Ivan Gunawan, Celine Evangelista hingga Soimah. Mereka mulai mengadopsi spirit doll, merawatnya, dan hampir memperlakukannya seperti manusia.

Untuk diketahui, nama Ria Enes dan boneka Susan melejit usai merilis lagu "Susan Punya Cita-Cita".

Sebelum dikenal bersama boneka Susan, Ria Enes memulai karier sebagai penyiar radio Surabaya pada 1991.

Ketika itu, karakter imajinatif Susan sudah terbentuk, namun hanya dalam suara dan bukan boneka. Album-album Ria dan boneka Susan juga laris di pasaran dengan 12 album dari tahun 1991 hingga 2004.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ria Enes Singgung Motif Bisnis di Balik Tren Spirit Doll di Kalangan Artis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/08/124711666/ria-enes-singgung-motif-bisnis-di-balik-tren-spirit-doll-di-kalangan-artis?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm