Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online ( SHUTTERSTOCK )

Sebelum Bertransaksi, Jadilah Konsumen Cerdas. Ini Tips Belanja Online

10 Januari 2022 10:41 WIB

SonoraBangka.id - Ternyata, semakin canggih sistem berbelanja online, maka semakin canggih juga modus-modus penipunnya.

Jadi, jangan sampai kita salah langkah dan menjadi korban.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi, menyarankan untuk berhati-hati ketika berbelanja baik melalui Marketplace atau Media Sosial.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya human error atau kesalahan dari toko online.

Tak perlu khawatir, Tulus membagikan beberapa tips agar Anda tak terjebak dalam penipuan belanja online. Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Belanja di Marketplace

Tingkatkan Literasi Digital

Penerapan literasi digital dapat membuat konsumen jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi. Dalam berbelanja online konsumen harus bisa memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan dari setiap marketplace.

Cari Toko Online Resmi

Di berbagai marketplace banyak sekali toko-toko online yang menjual produk di luar toko resminya. Bila kita ingin menghindari adanya pemalsuan produk, disarankan untuk membeli langsung dari toko resmi.

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm