Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika
Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika ( (DOK. ITDC))

Sudah 90 Persen Kamar Hotel Terisi untuk MotoGP, Sandiaga Uno Berikan Opsi Glamping

10 Januari 2022 16:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan saat ini 90 persen kamar hotel sudah terisi untuk menyambut event MotoGP yang bakal berlangsung di Mandalika Lombok pada Maret 2022 mendatang.

Untuk memfasilitasi antusiasme masyarakat menyaksikan event tersebut, Sandiaga memastikan sejumlah akomodasi tersedia, seperti penginapan di desa wisata, kerja sama dengan berbagai pihak untuk penyediaan akomodasi, hingga penginapan berkonsep camping atau glamping.

“Di tanggal 3 Januari, kamar hotel di kota Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi MotoGP 2022. Kami mendorong beberapa kolaborasi dengan BoboBox dan Eiger untuk terlibat dalam penyiapan fasilitas penginapan. Pemda akan memfasilitasi camping atau glamping di kawasan Mandalika,”kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/1/2022).

Sandiaga menyebutkan, untuk tenda akan disedikan sebanyak 100 unit yang akan dipasang di camping ground, dimana dalam 1 tenda dapat menampung hingga 4 orang.

Saat ini, sarana hunian untuk MotoGP yang sudah terbangun ada 300 huian dan dalam proses sertifitasi CHSE. “Dari BoboCabin diharapkan akan ada penyediaan cabin, dan komoditas lain seperti toilet, restoran, dan representative juga kita dorong kesiapannya,” ujar dia.

Sandiaga memproyeksikan penonton MotoGP dari domestik dan luar negeri jumlahnya mencapai 100.000 orang. Sementara ketercukupan akomodasi yaitu 23.000 unit per Desember 2021 atau sedikitnya terdapat 2.758 kamar hotel.

“Kami pemerintah mendorong sarana hunian pariwisata yang dibangun oleh Kementerian PUPR termasuk home stay yang sudah ada. Kemenhub juga sudah melakukan kordonasi dengan akomodasi malalui kapal Pelni, dan kami juga baru diberi tau ada beberapa kapal swasta yang bersedia menjadi tempat penginapan dari pengunjugn MotoGP. Ini akan kita lengkapi dengan transportasi seperti shuttle untuk dan dari Mandalika,” tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "90 Persen Kamar Hotel Terisi untuk MotoGP, Sandiaga Uno Beri Opsi Glamping", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/01/10/161805826/90-persen-kamar-hotel-terisi-untuk-motogp-sandiaga-uno-beri-opsi-glamping.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm