Ilustrasi game Castlevania (1986)
Ilustrasi game Castlevania (1986) ( Konami)

Rayakan Ulang Tahun Ke-35 Castlevania, Konami Rilis Koleksi NFT

15 Januari 2022 06:28 WIB

SonoraBangka.ID - Tahun ini, game legendaris Castlevania menginjak usia ke-35 sejak dirilis tahun 1986 lalu.  Dalam rangka merayakan hari jadi game fighting tersebut, Konami merilis koleksi NFT (non-fungible token) bertajuk Konami Memorial NFT.

Koleksi ini mencakup 14 karya seni berisi adegan gameplay, musik, hingga ilustrasi animasi yang terdapat di dalam seri game Castlevania. Beberapa di antaranya adalah Castle Pixel Art, Vampire Killer, Castlevania Highlights, dan masih banyak lain. 

Koleksi NFT tersebut telah dilelang di marketplace NFT Opensea sejak 12 Januari 2022 lalu dan masih akan tetap dipasarkan hingga Desember 2022 mendatang.

Konami mengeklaim bahwa koleksi ini merupakan edisi terbatas dan tidak akan menjual karya seni yang sama.

Daftar koleksi NFT Castlevania yang dilelang Konami

Kepada peminat yang tertarik untuk memiliki NFT dari seri game Castlevania ini, Konami memberikan hak eksklusif dengan memajang nama pembeli tersebut di situs resmi Konami.

Konami juga menyediakan informasi dasar seputar NFT, termasuk pengertian mengenai NFT serta cara melakukan transaksi blockchain.

Informasi tersebut nampaknya sengaja disertakan untuk mengedukasi calon pengguna yang belum mengerti cara kerja dan sistem NFT dan blockchain. Keduanya memang saling berkaitan. Untuk diketahui, NFT adalah sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan kepemilikan sebuah karya atau item seperti foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya. Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Saat ini NFT telah menjadi tren yang diminati oleh masyarakat global, termasuk industri gaming. Beberapa waktu lalu, studio game ternama Ubisoft juga telah mengeluarkan karya NFT perdananya yang bernama Digits.

Digits diperkenalkan melalui game Tom Clancy's Ghost Recon Breakpoint via Ubisoft Connect. Ubisoft juga berencana untuk menyiapkan platform Ubisoft Quartz yang konon akan diperuntukkan secara khusus mengelola akuisisi NFT.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rayakan Ulang Tahun Ke-35 Castlevania, Konami Rilis Koleksi NFT", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/16000097/rayakan-ulang-tahun-ke-35-castlevania-konami-rilis-koleksi-nft.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm