Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa ketika menjelaskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur kepada Pansus RUU IKN, Kamis (13/1/2022).
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa ketika menjelaskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur kepada Pansus RUU IKN, Kamis (13/1/2022). ( KOMPAS.com)

Pemerintah Siapkan Metaverse Ibu Kota Negara di Kaltim, Selesai 4 Bulan Lagi

15 Januari 2022 06:33 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, tengah menyiapkan desain metaverse Ibu Kota Negara (IKN) baru yang bakal pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Desain IKN dalam bentuk metaverse adalah bagian dari rencana induk (masterplan).

Adapun masterplan disusun berdasarkan kajian teknokratis. Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Negara di Kaltim Harus Membuka Kesempatan Kerja bagi Warga Sekitar Di dalamnya terdapat key perfomance indicator/KPI sebagai benchmark.

"Kami sedang persiapkan kota ibu kota negara dalam bentuk metaverse," dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Kamis (13/1/2022).

Suharso menuturkan, rencana induk pembangunan IKN tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi.

Menurut dia, fiber optic infrastructure tidak bisa hanya berbasis pada era 4.0 atau 5.0. Ke depan, basisnya akan makin meninggi menjadi era 6.0 hingga 7.0.

Dia mengklaim, desain metaverse IKN akan tersedia dalam empat bulan mendatang dari sekarang. "Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram, tapi sekarang sudah ada metaverse.

Mudah-mudahan dalam 4 bulan, kami di Bappenas bisa tunjukkan kira-kira IKN kalau jadi seperti ini (di metaverse)," ucap Suharso.

Lebih lanjut Suharso menjelaskan, urban arsitektur untuk IKN menjadi sangat penting di tengah perkembangan zaman.

Dia ingin bentuk IKN beserta pembangunannya menjadi lebih jelas dengan adanya desain metaverse. "Jadi bukan lagi dalam bentuk maket, tapi tidak juga hologram, tapi sudah reaktif. Ini sedang dikerjasamakan.

Mudah-mudahan memang 4 bulan bisa dilihat. Kita ingin kota itu cantik, indah dan jelas judulnya. Bukan kota tanpa judul," tandas Suharso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siapkan Metaverse Ibu Kota Negara di Kaltim, Selesai 4 Bulan Lagi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/01/13/190000126/pemerintah-siapkan-metaverse-ibu-kota-negara-di-kaltim-selesai-4-bulan-lagi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm