Ilustrasi dekorasi bertema Tahun Baru Imlek di rumah. (SHUTTERSTOCK/PR IMAGE FACTORY)
Ilustrasi dekorasi bertema Tahun Baru Imlek di rumah. (SHUTTERSTOCK/PR IMAGE FACTORY) ( kompas.com)

Panduan Dekorasi Rumah Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Imlek

15 Januari 2022 17:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tahun Baru Imlek tidak sekadar perayaan, tapi juga menjadi saat di mana keluarga berkumpul di rumah. Dalam budaya Tionghoa, Tahun Baru Imlek adalah salah satu hari libur paling penting.

Fokus perayaan Tahun Baru Imlek pun telah bergeser di luar rumah tangga dan ke dalam komunitas, dan merupakan waktu untuk merayakan keberuntungan, makanan, dan keluarga.

"Tahun Baru Imlek lebih dari sekadar malam, sebenarnya berlangsung selama 15 hari dan ada begitu banyak hal berbeda yang harus dilakukan, tradisi yang harus diikuti, dan makanan untuk dimakan," ujar Justin Young dari Taste of Home, Sabtu (15/1/2022).

Untuk mempersiapkan dan menyambut Tahun Baru Imlek, berikut beberapa panduan mendekorasi rumah.

1. Bersihkan rumah terlebih dahulu

Bila Anda memiliki teman atau keluarga yang datang ke rumah pada Tahun Baru Imlek, maka Anda perlu membersihkan rumah terlebih dahulu.

Secara tradisional, membersihkan rumah menjelang Imlek dilakukan untuk menghilangkan nasib buruk tahun ini.

Kemudian, ketika para tamu tiba, minta mereka melepas sepatu di pintu untuk mendorong transisi yang bersih dan mulus ke tahun baru.

“Di keluarga saya, kami semua mengambil bagian dalam membersihkan rumah dan bersiap untuk tahun baru. Namun, saya yakin ibu saya akan mengatakan dia melakukan sebagian besar (kegiatan) menyapu," kata Young.

2. Hiasi rumah dengan warna merah

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm