Ilustrasi hadiah Tahun Baru Imlek. (Dok. Shutterstock/worradirek)
Ilustrasi hadiah Tahun Baru Imlek. (Dok. Shutterstock/worradirek) ( kompas.com)

Selain Angpau, Ini Tiga Rekomendasi Hadiah Imlek agar Lebih Bermakna

16 Januari 2022 19:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tahun Baru Imlek selalu identik dengan angpau. Memberikan uang kepada seseorang yang lebih muda atau yang belum menikah menjadi tradisi yang ditunggu pada perayaan Imlek.

Uang tersebut dimasukkan ke dalam amplop merah sebelum dibagikan. Hal ini sesuai dengan makna dari angpau. Dalam bahasa Hokkian, kata ang berarti merah dan pao berarti amplop atau bungkus.

Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan sepanjang tahun.

Pendiri Museum Pustaka Tionghoa Azmi Abubakar mengatakan bahwa tradisi angpau dimaknai sebagai doa dan harapan dari si pemberi angpau kepada yang menerima.

“Pemberian angpau biasanya (dilakukan) dari orangtua ke anak atau untuk mereka yang belum menikah atau jomlo, supaya sejahtera, dan cepat dapat jodoh. Ada doanya juga biar sehat dan segala macam,” ujar Azmi yang diberitakan oleh Kompas.com, Selasa (11/2/2021).

Nah, supaya perayaan Imlek tahun ini jadi lebih bermakna, Anda bisa memberikan hadiah selain angpau. Hadiah bisa diberikan pada orang terkasih atau keluarga inti.

Walau demikian, memberikan hadiah untuk mereka yang lebih muda bukan perkara mudah. Anda harus pintar-pintar mencari tahu apa yang mereka butuhkan.

Masalahnya, anak muda sekarang lebih menyukai hal yang fungsional tetapi tetap mengutamakan desain. Untuk itu, Anda bisa memilih perhiasan emas atau perhiasan berlian untuk hadiah Tahun Baru Imlek. Selain itu, saldo e-wallet atau pakaian yang sedang tren di kalangan anak muda bisa jadi alternatif.

Supaya tidak salah pilih, berikut tiga rekomendasi hadiah pengganti angpau saat Tahun Baru Imlek.

1. Perhiasan

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm