( )

Dere Rilis Singel Rumah, Ungkap Keresahan atas Kerusakan Bumi

17 Januari 2022 13:24 WIB

SonoraBangka.Id - Penyanyi Dere baru saja merilis sebuah lagu berjudul "Rumah". Lagu tersebut sebagian besar diangkat Dere dari keresahan dan kepeduliannya atas kondisi bumi. Keresahan tersebut berusaha ditunjukkan Dere lewat musik. Dere ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga "Rumah" setiap manusia, yaitu bumi.

"Aku tulis lagu ini bareng Kak Tulus. Itu muncul dari keresahan aku, kita tukar pikiran. Akhirnya kita ke topik tentang kondisi bumi yang semakin sakit," kata Dere dalam wawancara virtual eksklusif bersama Kompas.com, Jumat (14/1/2021). "Aku sebenarnya takut banget, aku resah tentang masa depan aku. Aku enggak berumur panjang, ada bencana menyeramkan dan lainnya," lanjut Dere. Awalnya, Dere menceritakan keresahannya terhadap bumi kepada penyanyi Tulus. Dere diketahui kini berada di bawah naungan label milik Tulus.

Selain terlibat dalam penulisan lirik lagu, Tulus dan Dere juga ikut terlibat dalam pembuatan melodi dari lagu ini bersama dengan Topan Abimanyu. Sementara produser dari lagu ini adalah Petra Sihombing. Bumi dalam lagu ini direpresentasikan oleh Dere sebagai sebuah rumah. Rumah di mana orang-orang di dalamnya seharusnya ikut menjaga tempat yang mereka tinggali.

“Aku merepresentasikan bumi sebagai rumah karena bumi adalah rumah kita satu-satunya. Kita lahir, tumbuh, sampai menjadi kita sekarang berada di bumi. Kita juga bisa merasakan menjadi manusia seutuhnya, juga karena kita berada di bumi,” tutur Dere. Penyanyi berusia 20 tahun itu ingin mengajak semua orang untuk benar-benar peka akan kelestarian bumi. “Oleh karena itu, aku ingin lewat lagu ini, kira sebagai manusia yang sekaligus ‘tamu’ di bumi ini sudah semestinya jaga dan merawat bumi yang jadi tempat tinggal kita,” ucap Dere. Single terbaru Dere, "Rumah", sudah tersedia di seluruh digital streaming platform di Indonesia. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dere Rilis Singel Rumah, Ungkap Keresahan atas Kerusakan Bumi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/14/224049666/dere-rilis-singel-rumah-ungkap-keresahan-atas-kerusakan-bumi?page=2.
Penulis : Vincentius Mario
Editor : Tri Susanto Setiawan

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

SumberKompas.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm