Upin Ipin ternyata tokoh rekaan
Upin Ipin ternyata tokoh rekaan ( IST)

Sempat Menghebohkan, Rumah Produksi Akhirnya Buka Suara Asal Usul Upin Ipin

17 Januari 2022 21:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai ramai dibicarakan di media sosial dan ditagih penjelasan, akhirnya rumah produksi animasi Upin dan Ipin, Les' Copaque buka suara terkait asal-usul animasi tersebut.

Melalui akun media sosial mereka @upinipinofficial, diterangkan bahwa animasi tersebut hanya rekaan dan bukan dari cerita asli.

"Cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production," tulis akun tersebut dikutip Kompas.com, Senin (17/1/2022). "Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," ucap mereka menegaskan.

Lebih lanjut, rumah produksi tersebut pun menjelaskan asal cerita Upin dan Ipin yang sebenarnya. "Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah," tulis mereka.

"Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat," tambah keterangan berikutnya.

Sementara itu, Burhanuddin Md Radzi yang juga pendiri dan pencipta karakter Upin Ipin bersama istrinya, Hajah Ainon ikut angkat bicara di akun Facebook-nya.

"Apakah Upin Ipin meninggal dunia? Pagi tadi Atok (sebutannya) terkejut membaca artikel dari Jakarta bahwa Upin Ipin meninggal dunia karena kecelakaan ketika mereka berlibur di Sulawesi," tulisnya .

"Untuk semua penggemar Upin dan Ipin, jangan khawatir, mereka selalu sehat dan akan muncul dengan teman-teman mereka di musim yang baru," imbuhnya.

Kehebohan yang muncul di media sosial dan membuat penggemar Upin dan Ipin bertanya-tanya bermula dari unggahan akun TikTok @bang_alonk3110. Akun itu  mengunggah makam dengan nisan bertulis nama Upin dan Ipin.

Video itu bahkan sudah ditonton lebih dari 36 juta kali dalam waktu satu hari sejak diunggah. Dari keterangan yang disertakan dalam video, disebutkan bahwa cerita Upin Ipin dibuat berdasar khayalan Opah 10 tahun yang lalu.

"Pantesan gak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut membuat heboh penggemar animasi tersebut yang sekaligus mempertanyakan kebenaran fakta cerita yang disebut menyedihkan dari Upin Ipin yang selama ini mereka kenal sangat ceria. 

Diceritakan sebelumnya, ramai beredar kabar yang menyebut Upin Ipin terinspirasi dari kisah nyata, di mana kedua orang tua Upin dan Ipin meninggal dalam kecelakaan. Begitu juga kedua anak kembar tersebut. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sempat Menghebohkan, Rumah Produksi Akhirnya Jawab Asal Usul Upin Ipin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/17/204432266/sempat-menghebohkan-rumah-produksi-akhirnya-jawab-asal-usul-upin-ipin?page=2.
L

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm