Afgansyah Reza tak pernah berpikir bahwa bernyanyi akan menjadi pekerjaannya.Sejak awal rekaman, ia hanya ingin bernyanyi tanpa pernah memikirkan untuk menjadikannya sebuah karier.
Afgansyah Reza tak pernah berpikir bahwa bernyanyi akan menjadi pekerjaannya.Sejak awal rekaman, ia hanya ingin bernyanyi tanpa pernah memikirkan untuk menjadikannya sebuah karier. ( Youtube Boy William)

Album January Christy Dirilis, Afgan Sebut Belum Temukan Penggantinya

17 Januari 2022 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai salah satu musisi Tanah Air, Afgan tidak meragukan kemampuan dan karakter suara mendiang January Christy yang begitu cemerlang. Di genre jazz, bagi Afgan, belum ada penyanyi Tanah Air yang bisa menggantikan January Christy.

"January Christy adalah salah satu penyanyi wanita Indonesia yang memiliki karakter kuat. Sampai sekarang mungkin kita belum bisa menemukan penggantinya, especially di genre jazz," ujar Afgan dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Pelantun "Terima Kasih Cinta" itu mengatakan karya January Christy mampu melintasi sekian generasi dan tetap relevan.

"Walaupun Beliau di sepanjang kariernya hanya mengeluarkan beberapa album, karya-karyanya mampu melintasi generasi, dan masih terasa relevan sampai saat ini," jelas Afgan.

Diketahui, penyanyi lawas January Christy meninggal dunia pada 16 September 2016 lalu, tetapi karya dan karakternya masih dikenang sampai saat ini.

Salah satu caranya, karya January Christy yang belum sempat rilis semasa hidupnya kini sudah bisa dinikmati lewat album Unreleased Tracks From 1985, mulai Senin (17/1/2022).

Album tersebut terdiri dari 12 lagu dan dipersembahkan oleh Prosounds Records, label January Christy selama ia masih hidup.

Album Unreleased Trecks From 1985 dipromosikan oleh Trinity Optima Production 2022 dalam bentuk digital dan vinyl (piringan hitam) sejak hari ini.

Pada era 1980, January Christy adalah salah satu penyanyi Pop-Jazz terbaik Tanah Air. Lewat singel "Melayang" dan "Tuhan Ada Di Mana-mana", January Christy dikenal sebagai penyanyi yang khas dengan suara alto yang berat dan juga berkarakter.

Sepanjang kariernya, wanita yang khas dengan rambut pendeknya tersebut sudah melahirkan 4 album, yakni Melayang (1986), Aku Ini Punya Siapa (1987), Mana (1989), dan Tutup Mata (1991).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Album January Christy Dirilis, Afgan: Kita Belum Temukan Penggantinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/17/201935266/album-january-christy-dirilis-afgan-kita-belum-temukan-penggantinya.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm