Ilustrasi PTM
Ilustrasi PTM ( ist)

Dinas Pendidikan Bangka Barat Mulai Lakukan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) 100 Persen

17 Januari 2022 22:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Pasca penerapan sistem pembelajaran daring karena pandemi Covid-19, kini sekolah di Kabupaten Bangka Barat telah pemberlakuan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

Diketahui kebijakan tersebut telah diberlakukan sejak 4 Januari 2022, sehingga kini sekolah sudah mulai kembali normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Untuk pelaksanaan PTM 100 persen tersebut  para Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tenaga pendidik dan tenaga pendidikan sudah tervaksin mininal sebanyak 80 persen. Serta lansia di daerah tersebut, sudah tervaksin minimal 50 persen.

Sekarang full jam, istilahnya kita kalau dulu cuma 30 menit ada yang 25 menit tapi sekarang ini normal," terang Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Rukiman, Senin (17/01/2022).

Namun walaupun telah 100 persen menerapkan PTM, protokol kesehatan (Prokes) ketat pun dilakukan guna menghindari adanya kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Harus selalu menaati Prokes dan setiap sekolah belum ada kantin sekokah, supaya tidak meninbulkan kerumunan. Sejauh ini tidak ada laporan siswa terpapar Covid-19, serta mudah-mudahan jangan sampai ada kasus," ucap Rakiman.

Selain itu penerapan PTM 100 persen juga tak terlepas dari capaian vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat, khususnya vaksinasi 6-11 tahun yang menyasar siswa SD.

Diketahui untuk capaian vaksinasi 6-11 tahun di Kabupaten Bangka Barat, sudah mencapai 19.087 anak dari total target 22.846 anak.

"Jelas vaksinasi ini mendukung pembelajaran  ini di usia 6 sampai 11 tahun, lalu juga ada vaksin 12 tahun ke atas. Ini untuk menyehatkan anak serta memberikan imunity bagi anak, jadi mengurangi resiko jika terpapar Covid-19,"tambahnya.

Dengan kondisi capaian vaksinasi, pihaknya butuh peran khususnya orang tua agar tak segan anaknya mengikuti program percepatan vaksinasi.

"Sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala sekolah, tolong di edukasi kepada orangtua agar memberikan anaknya untuk di vaksin karena untuk kesehatan. Untuk guru sendiri sudah tervaksin, selain yang mempunyai penyakit bawaan sudah semua," tambah Rakiman.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dinas Pendidikan Bangka Barat Mulai Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah 100 Persen, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/17/dinas-pendidikan-bangka-barat-mulai-berlakukan-pembelajaran-tatap-muka-sekolah-100-persen.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm